Rumah Panggung Minahasa Terus Diminati Maldives

TrubusTravel
Binsar Marulitua | Followers 0
30 Mei 2018   14:30

Komentar
Rumah Panggung Minahasa Terus Diminati Maldives

Rumah panggung Manado (Foto : Foto: Irumahpanggungsulut.blogspot.com)

Trubus.id --  Permintaan rumah panggung Minahasa Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dari Maldives terus menanjak.  Pada tahun 2018, Sulut telah mengekspor rumah panggung ke Maldives seberat 13.737 ton dengan senilai 4.450 dolar Amerika Serikat.

"Setiap bulan terjadi permintaan rumah panggung dari negara Maldives," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sulut Jenny Karouw di Manado, Selasa (29/5)

Jenny menjelaskan, pada Februari 2018 telah diekspor rumah panggung seberat 10.786 dengan nilai devisa bagi negara 10.850 dolar AS. Di bulan Maret,  kembali diekspor ke Maldives seberat 16.278 ton dengan nilai 21 ribu dolar AS. Serta di bulan April seberat 14.221 ton dengan nilai 5.250 dolar AS.

Baca Lainnya: Pulau Miangas Bisa Jadi Destinasi Wisata? Kenapa Tidak

Hal ini, katanya, harus dimanfaatkan dengan baik oleh pengekspor rumah panggung dari Sulut dengan baik, karena mampu meningkatkan devisa dan kesejahteraan.

Dulu, katanya, Maldives ketika membeli rumah panggung Sulut harus membawa sekaligus dengan tukang dari Sulut, namun saat ini semua melalui sistem komputer, sehingga tenaga kerja di Maldives bisa memasang rumag panggung tersebut.

Ia menjelaskan pemerintah akan terus mendorong agar pengrajin rumah panggung Sulut, harus lebih inovatif dan kreatif. Pihaknya akan terus memudahkan para pengekspor melakukan pengurusan surat keterangan asal. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: