Ilustrasi (Foto: Pixabay/eduelys)
Destinasi

Pokdarwis Pegang Peranan Penting Kembangkan Wisata Daerah

By Ihsan
May 31, 2018

Trubus.id -- Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyebutkan kelompok sadar wisata atau pengelola destinasi wisata menjadi suatu komponen penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerah.

"Pokdarwis menjadi salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di daerah," ujar Asisten Sekda I Bidang Pemerintahan Pemkab Bantul, Bambang Guritno di Bantul, Kamis (31/5).

Untuk itu, keberadaan pokdarwis disebutnya perlu terus didukung dan dibina, sehingga pada akhirnya dapat berperan makin efektif dalam menggerakkan partisipasi masyarakat, mewujudkan lingkungan dan suasana kondusif kepariwisataan di sekitar destinasi.

Baca Lainnya: Pokdarwis Bengkulu Temukan 13 Bunga Rafflesia Langka Siap Mekar

Bambang mengatakan, dalam upaya pembinaan dan mendukung keberadaan pokdarwis, atau pengelola wisata berbasis masyarakat, Pemda Bantul sudah mengadakan sarasehan Forkom (forum komunikasi) Pokdarwis Desa Wisata se-Bantul pada Rabu (30/5) kemarin.

"Pariwisata adalah masa depan kita, masa depan Kabupaten Bantul. Makanya saya berharap sarasehan Forkom Pokdarwis kemarin bisa jadi momentum bagi peningkatan pokdarwis di Bantul," imbuhnya.

"Dengan demikian, program pemberdayaan masyarakat melalui kepariwisataan menjadi langkah penting yang perlu dilaksanakan secara terarah dan berkesinambungan, supaya masyarakat semakin memiliki kapasitas dan kemandirian dalam mendukung pembangunan kepariwisataan," tandasnya.

Baca Lainnya: Dilema Wisata Traveler Muda

Meski demikian, pembangunan kepariwisataan tidak lepas dari berbagai kerjasama, maka hal inu memerlukan dukungan dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan di bidang pariwisata.

Termasuk di dalamnya masyarakat, yang menjadi salah satu unsur penting bersama pemerintah dan swasta, bersatu mendukung pembangunan kepariwisataan di daerah. [KW]

Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration