Volcano Tour di Cangkringan, salah satu kegiatan yang dilakukan turis saat berkunjung ke kawasan lerang Gunung Merapi. (Foto: Eoasia)
Backpacker

Mau Liburan ke Gunung Merapi, Ingat Pesan BNBP Sleman

By Diah
Jun 13, 2018

Trubus.id -- Lebaran tidak hanya tidak dimanfaatkan untuk mudik saja, tapi juga liburan. Tidak sedikit orang yang meluangkan waktu untuk mengunjungi tempat menarik di kampung halamannya. Nah, kalau Trubus Mania mudik ke Yogyakarta, jangan lupa berkunjung ke kawasan lereng Gunung Merapi, ya!

Walau begitu, ada beberapa hal yang harus kalian ketahui. Belum lama ini, Gunung Merapi meletus freatik. Oleh karena itu, Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau wisatawan untuk memarkir kendaraan menghadap ke arah keluar atau arah turun jalur evakuasi.

"Pada liburan Lebaran ini, kawasan lereng Merapi sisi barat maupun timur akan banyak dikunjungi wisatawan. Terkait dengan status Gunung Merapi saat ini, kami mengimbau pengunjung untuk memarkir kendaraan ke arah selatan atau jalur evakuasi," kata Makwan, Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman.

Baca Lainnya: Tipisnya Sumbat Magma, Penyebab Gunung Merapi Sering Mengalami Letusan Freatik

Beberapa hari terakhir, kawasan wisata di lereng Gunung Merapi mulai banyak dikunjungi wisatawan. Baik itu di sisi barat atau kawasan Kaliurang maupun di sisi timur atau Volcano Tour di Cangkringan.

"Dari pengamatan yang kami lakukan, objek-objek tersebut mulai banyak dikunjungi wisatawan seperti di event Festival Of Light Dancing Fountain di Gardu Pandang dan kawasan Tlogo Putri Kaliurang," katanya.

Baca Lainnya: Pariwisata, Sektor Paling Terdampak Akibat Letusan Freatik Gunung Merapi

Sedangkan di kawasan Volcano Tour Cangkringan, sudah banyak wisatawan yang berkunjung ke Bunker Kaliadem, Museum Sisa Hartaku, Kedai Kopi Merapi maupun di Kawasan Kalikuning.

"Sampai saat ini kondisi masih kondusif setelah beberapa waktu lalu meletus freatik," katanya.

Maka, wisatawan yang berkunjung di kawasan lereng Merapi harus tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan pribadi dan keluarga.

"Kami imbau wisatawan untuk selalu mengikuti dan mematuhi arahan petugas yang ada. Jangan lupa menggunakan pakaian serta alas kaki yang nyaman," katanya. [DF]

 

Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration