Libur Lebaran, Waspadai Sengatan Ubur-ubur di Pantai Selatan Gunung Kidul

TrubusTravel
Ihsan Maulana | Followers 0
04 Juni 2018   12:00

Komentar
Libur Lebaran, Waspadai Sengatan Ubur-ubur di Pantai Selatan Gunung Kidul

Trubus.id -- Libur lebaran tinggal beberapa waktu lagi, Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mengimbau seluruh wisatawan yang akan berwisata di pantai daerah itu mewaspadai sengatan ubur-ubur.

Sekretaris Dinas Pariwisata Gunung Kidul, Hary Sukmono menyebutkan, pihaknya telah memperkirakan wisatawan yang berlibur pada libur Lebaran tahun ini akan melonjak. Namun, di sisi lain Benua Australia sudah mulai memasuki musim dingin yang artinya banyak ubur-ubur akan masuk ke Indonesia, terutama ke pantai selatan di Gunung Kidul.

"Maka dari itu kami imbau agar wisatawan bisa lebih berhati-hati, jangan asal memegang hewan asing yang ada di laut," ujarnya di Gununt Kidul, Senin (4/6).

Walau begitu, wisatawan diharapkan untuk tidak takut berkunjung ke pantai selatan, asalkan pengunjung harus mematuhi larangan, dan imbauan petugas yang berwenang di lapangan.

Sekretaris SAR Satlinmas Korwil II Gunung Kidul, Surisdiyanto menambahkan, sampai saat ini, ubur-ubur sudah mulai muncul, meskipun belum begitu banyak. Sementara Pantai Baron, diketahui tidak ada ubur-ubur karena terdapat air tawar di sekitar pantai.

Untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan, pihaknya bersama masyarakat akan melakukan penyapuan pantai. Kemudian mengubur hewan tersebut agar tidak tersentuh wisatawan.

"Warna ubur-uburnya itu kan biru dan menarik, biasanya wisatawan akan menyentuh terutama anak-anak. Kalau tersengat dan tidak kuat, maka bisa pingsan," imbuhnya.

Surisdiyanto melanjutkan, tim SAR sudah menyiapkan amoniak dan air hangat, untuk membasuh luka dari sengatan ubur-ubur.

"Kami harap wisatawan bisa mematuhi imbauan kami agar tak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tutupnya. [KW]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: