Jangan Bawa Power Bank Kalau Traveling Naik Pesawat Terbang

TrubusTravel
Diah Fauziah | Followers 0
13 Mar 2018   22:15

Komentar
Jangan Bawa Power Bank Kalau Traveling Naik Pesawat Terbang

Trubus.id -- Power bank atau Bbaterai lithium cadangan memiliki potensi meledak atau kebakaran. Tidak heran jika Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Dr. Ir. Agus Santoso, M.Sc., menandatangani Surat Edaran (SE) Nomor: SE. 015/Tahun 2018 tentang Ketentuan Membawa Pengisi Baterai Portabel (Power Bank) dan baterai lithium cadangan pada pesawat udara, Jumat (9/3) lalu.

Melalui surat itu, Dirjen Perhubungan Udara memerintahkan Badan Usaha Angkutan Udara dan Perusahaan Angkutan Udara Asing untuk menanyakan ke setiap penumpang pada saat proses lapor diri (check-in) terkait kepemilikan pengisi baterai portabel (power bank) atau baterai lithium cadangan.

Baca Lainnya: Menawar Kursi Pesawat yang Tidak Laku, Cara Baru Mendapatkan Tiket Murah

“Memastikan bahwa power bank atau baterai lithium cadangan yang dibawa penumpang dan personel pesawat tidak terhubung dengan perangkat elektronik lain. Harus ditempatkan pada bagasi kabin, dan dilarang pada bagasi tercatat,” kata Dr. Ir. Agus Santoso, Direktorat Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Hanya saja, power bank yang boleh dibawa ke pesawat harus mempunyai daya lebih dari 100 jam (Watt-Hour) dan tidak lebih 16 Wh. Tidak itu saja, satu orang penumpang hanya boleh membawa 2 buah power bank.

Power bank yang mempunyai daya jam lebih dari 160 Wh atau besarnya daya jam (Watt Hour) tidak dapat diidentifikasi, dilarang dibawa ke pesawat udara,” jelasnya.

Baca Lainnya: Masih Lapar, Jangan Ragu Minta Tambah Makanan ke Pramugari

Oleh karena itu, Agus memerintahkan Badan Usaha Angkutan Udara dan Perusahaan Angkutan Udara Asing untuk  bertanggung jawab menyimpan power bank yang diserahkan oleh pemilik pada check in counter karena tidak memenuhi ketentuan.

“Dan, melarang penumpang dan personel pesawat udara melakukan pengisian daya dengan menggunakan power bank pada saat penerbangan,” tuturnya.

So Trubus Mania, jangan bawa power bank kalau kalian liburan dengan pesawat terbang ya. Jika masih ngeyel, jangan marah kalau benda tersebut disita oleh petugas loh. [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: