Gunung Rinjani (Foto : Pixabay/wishknew)
Destinasi

Gunung Rinjani Ditetapkan UNESCO Jadi Geopark, Citra Pariwisata NTB Diharapkan Meroket

By Ihsan
Apr 16, 2018

Trubus.id -- Kepala Dinas Pariwisata NTB Lalu Muhammad Faozal mengatakan, ditetapkannya Gunung Rinjani sebagai geopark dunia oleh Unesco akan semakin meningkatkan citra pariwisata Nusa Tenggara Barat (NTB), terutama di Pulau Lombok.

"Kementerian pariwisata dan dunia pariwisata itu pasti yang kita dorong bagaimana kawasan ini jadi destinasi unggul dan tetap jadi pilihan bagi wisatawan," kata Faozal di Mataram, NTB, Senin (16/4).

Dinas Pariwisata NTB sendiri memiliki kepentingan supaya Geopark Rinjani bisa terus memberikan kenyamanan bagi para wisatawan yang datang. Faozal merasa tugas terberat pasca penetapan geopark adalah pemeliharaan statusnya supaya terus terjaga.

Baca Lainnya: Cek 3 Destinasi Lokal Favorit Millenial 2018

"Edukasi masyarakat itu begitu penting dengan melibatkan masyarakat lokal, kebersamaan berbagai stakeholder juga penting," lanjut Faozal.

Dalam hal itu ia mengambil contoh persoalan sampah yang kerap menjadi momok untuk Gunung Rinjani. Dinas Pariwisata NTB juga telah membentuk satuan tugas untuk kebersihan di Gunung Rinjani untuk menjaga kebersihan dan kelestarian Geopark Rinjani kedepannya. [NN]

Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration