Glistening Waters, laguna cantik di Jamaika yang mengeluarkan cahaya saat malam tiba. (Foto: Prips Jamaica)
Panorama

Glistening Waters, Laguna yang Bercahaya Saat Malam

By Ayu Setyowati
May 28, 2018

Trubus.id -- Sebuah laguna di Falmouth, Jamaika, punya keajaiban ketika malam. Laguna yang akan bercahaya biru indah ketika airnya disentuh ini bernama Glistening Waters.

Glistening Waters atau Luminous Lagoon merupakan laguna unik yang ada di Kota Falmouth, 138 kilometer dari Ibukota Kingston, Jamaika. Saat siang hari, laguna ini akan terlihat seperti kumpulan air biasa.

Namun, pada malam hari, wisata sebenarnya pun dimulai. Seperti yang dikumpulkan dari berbagai sumber, Glistening Waters dipenuhi dengan kapal-kapal wisata. Kenapa begitu?

Baca Lainnya: Yuk, Uji Adrenalin dengan Susur Gua Jomblang

Saat malam tiba, laguna ini akan mengeluarkan warna biru indah, disebut fenomena bioluminescence. Di dalam laguna terdapat dinoflagellata yang menghasilkan cahaya. Termasuk dalam organisme uniseluler, makhluk ini sebenarnya terdapat di semua perairan.

Namun, Glistening Waters punya dinoflagellata yang bioluminescence alias mengeluarkan cahaya. Pada siang hari, organismen ini akan mengisi cahaya. Semakin cerah cuacanya, semakin bagus cahaya yang dikeluarkannya pada malam hari. Jika cuaca mendung atau turun hujan di siang hari, cahaya dari organisme ini akan redup atau sama sekali hilang.

Baca Lainnya: Bunga Lili Raksasa di Laguna Tersembunyi Jadi Daya Tarik Turis

Cahaya yang dikeluarkan merupakan bentuk pertahanan diri organisme. Turis bisa melihat cahayanya kalau berenang atau ada gerakan di dalam laguna. Tak perlu takut, berenang di dalam laguna ini aman. Trubus Mania hanya perlu berenang atau bergerak di dalam air untuk melihat cahaya biru nan cantik tersebut.

Sebisa mungkin, hindari menggunakan kosmetik seperti sunblock karena bisa membunuh organisme. Di balik cantiknya cahaya biru dari laguna ini, Glistening Waters memiliki mitos. Perempuan yang mandi di laguna ini dipercaya akan awet muda, sedangkan pria akan menambah ukuran kelamin dan kejantanan. Percaya enggak, Trubus Mania? [DF]

Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration