Ilustrasi kesibuka di bandara. (Foto: Destination Tips)
Backpacker

Dear Traveler, Tolong Berhenti Melakukan Ini di Bandara

By Diah
Feb 12, 2018

Trubus.id -- Banyak orang suka traveling, tapi tidak dengan bandara. Tempat tersibuk bagi orang yang akan melakukan perjalanan melalui udara dengan pesawat terbang. Ada banyak hal yang mungkin kalian lupa ketika berada di bandara. Penasaran?

Melupakan Cara Kerja Check-In

Ada tiga cara melakukan check-in, yakni self check-in, web check-in, dan check-in di loket dengan bantuan petugas maskapai. Apapun yang kalian pilih, jangan lupa untuk mempersiapkan semuanya, mulai dari ID, kode booking pesawat, paspor, hingga tas yang akan masuk bagasi.

Baca Lainnya: Asyik, Indonesia Bebas Visa ke Uzbekistan

Jika terlambat check-in, Trubus Mania tidak bisa masuk ke dalam pesawat. Oh iya, untuk penerbangan domestik, check-in ditutup 45 menit sebelum penerbangan. Sementara untuk internasional, check-in ditutup satu jam sebelum pesawat take off.

Lupa Apa yang Harus Dilakukan di Aviation Security

Ok, ada beberapa tahap keamanan yang harus dilewati calon penumpang ketika berada di bandara. Yang jelas, Trubus Mania harus melepaskan semua benda yang menempel di tubuh, seperti jam tangan, ikat pinggang, jaket, topi, dan yang lainnya.

Terkadang, kalian harus melepaskan sepatu. Semua barang yang dilepaskan akan dipindai dengan x-ray, begitu juga tubuh Anda. Untuk mengetahui, apakah Anda menyimpan barang terlarang atau tidak.

Baca Lainnya: 5 Alasan Anda Harus Mencoba Solo Traveling

Ketika menunggu antrian, tidak ada salahnya mempersiapkan semuanya. Lepas jaket dan semua barang yang menempel di badan. Ketika tiba giliran Anda, tidak perlu membiarkan orang lain yang di belakang menunggu terlalu lama.

Oh iya, pisahkan juga semua cairan (sabun, parfum, odol), ke dalam plastik sendiri. Keluarkan dari tas, agar bisa dilihat langsung oleh petugas.Untuk penerbangan internasional, cairan yang dibawa ke kabin tidak boleh lebih dari 100 ml. Lebih dari itu, tidak ada cara lain, Anda harus membuangnya, atau tidak diperbolehkan naik ke pesawat.

Tidak Peduli Orang Sekitar

Sebagai tempat tersibuk, bandara penuh dengan orang dari berbagai negara yang memiliki kebiasaan berbeda. Jika Anda harus berhenti sesaat untuk mengangkat telepon atau membalas pesan, lakukan dengan catatan, tidak mengganggu penumpang lain.

Jangan berdiri di tengah terminal, karena akan menghalangi penumpang lain yang mungkin sedang terburu-buru ke gate. Jika menggunakan telepon, ingatlah untuk tidak berbicara dengan keras. Hargai orang lain, dan ingatlah bahwa bandara merupakan fasilitas umum milik bersama.

Baca Lainnya: Mau Tahu Paspor Paling 'Sakti' di 2018?

Egois Saat Duduk di Ruang Tunggu

Sebelum masuk ke dalam pesawat, Anda harus menunggu beberapa saat di boarding gate. Maka, jangan serakah dengan menggunakan dua kursi sekaligus. Ok, kalian hanya duduk di satu kursi. Tapi, jangan pakai kursi di sebelah Anda untuk menaruh tas atau barang-barang milik kalian atau bahkan tidur.Letakkan barang kalian di lantai atau pegang erat di pangkuan.

Tidak Pakai Headphone

Salah satu cara untuk ‘membunuh’ waktu di bandara ialah mendengarkan musik dari smartphone Anda. Namun, jangan lupa untuk menggunakan headphone agar orang lain tidak terganggu. Atau, kurangi volume suara ketika sedang main game di smartphone.

Seenaknya Sendiri

Banyak orang yang melakukan segala sesuatu dengan seenaknya sendiri. Mereka lupa jika bandara bukanlah rumah pribadi. Come one, bandara sudah cukup kotor dengan ribuan orang yang datang dan pergi setiap hari. Tolong, jangan membuatnya jadi lebih buruk lagi dengan membuang sampah sembarangan atau hal lain yang menjengkelkan. [DF]

Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration