Agendakan, Festival Sandelwood 2018 di Sumba

TrubusTravel
Karmin Winarta | Followers 0
28 Mei 2018   15:16

Komentar
Agendakan, Festival Sandelwood 2018 di Sumba

Trubus.id --  Sumba, pulau indah di Nusa Tenggara Timur ini dalam waktu dekat akan menggelar festival berkelas internasional, yakni Festival Sandelwood 2018. Event yang digelar setiap tahun ini akan berlangsung mulai dari tanggal 5 sampai dengan 12 Juli 2018.

Festival ini menarik perhatian banyak turis, tak hanya dari Indonesia namun juga turis asing dari berbagai negara. Karena Sumba dengan kuda Sandelwoodnya ini dikenal di beberapa negara seperti Asia dan Eropa.

Yudi Umbu T.T. Rawambaku, SE dari Dinas Pariwisata Sumba Timur kepada Trubus mengatakan, "Festival Sandelwood ini akan dihadiri oleh ribuan orang. Dalam festival ini setiap pengunjung bisa menikmati keelokan parade ratusan kuda sandelwood, '"katanya

Baca Lainnya: Roswita Asti Kulla, Edukasi Anak-anak Sumba dengan Seluruh Gajinya

Selain itu,  pada event spektakuler ini juga digelar pameran tenun ikat khas Sumba. Di setiap wilayah sumba mempunyai motif tenun yang berbeda-beda. Misalnya tenun ikat sumba, pahikung, kodi dan lainnya.

Festival Sandelwood akan digelar di Padang Savannah Bukit Walakiri dan berakhir di Pantai Walakiri. Pantai Walakiri terkenal dengan pemandangan sunsetnya, dengan pohon-pohon bakaunya yang eksotis.

Menurut Umbu Yudi, saat ini Festival ini juga akan menampilkan fashion show. Dia mengusulkan Dian Oerip, desainer yang baru saja menggelar karyanya di Paris untuk mengisi event eksklusif ini.

Baca Lainnya: Tenun Ikat Sumba, Kenapa Harganya Dianggap Mahal?

Kuda sandel atau lebih lengkap kuda Sandalwood pony, adalah kuda pacu asli Indonesia yang dikembangkkan di Pulau Sumba. Nama "sandalwood" sendiri dikaitkan dengan cendana ("sandalwood") yang pada masa lampau merupakan komoditas ekspor dari Pulau Sumba dan pulau-pulau Nusa Tenggara lainnya.

Jika Trubus Mania berkunjung ke Sumba, beberapa destinasi wisata yang wajib dikunjungi adalah pantai Tarimbang, Kampung Rende, Laguna Weikuri, Bukit Wairinding, Bukit Persaudaraan dan kalau masih bisa juga menyeberang ke Pulau Salura. [KW]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: