Iraq, salah satu destinasi wisata religi di dunia (Foto: Istimewa)
Destinasi

5 Destinasi Wisata Religi Muslim Tak Mainstream di Dunia

By Karmin
May 17, 2018

Trubus.id -- Traveling saat ini telah menjadi gaya hidup, terutama generasi milenial, generasi Z dan Alpha. Tujuan wisata pun menjadi lebih beragam, mulai dari yang bersifat petualangan sampai wisata religi.

Sebelumnya beredar anggapan, destinasi wisata untuk muslim sangat terbatas. Kini banyak negara di dunia yang telah menyiapkan diri sebagai tujuan wisata yang sekarang sedang tren yakni wisata religi muslim.

Berikut 5 negara destinasi wisata religi di dunia:

1. Iran

Banyak yang menyangka, Iran bukanlah tempat yang aman buat travelers. Padahal sebenarnya negara ini sangat damai dan sejak ada peraturan visa yang meringankan traveler yang dirilis pada tahun 2016, banyak traveler yang mengunjungi tempat ini.

Di negeri ini terdapat banyak tempat mengejutkan yang mungkin tak pernah dibayangkan para traveler sebelumnya. Pemandangan alam yang memukau, arsitektur yang indah, dan keramahtamahan penghuninya adalah alasan kenapa banyak traveler menyukai tempat ini.

2. Maldives atau Maladewa

Banyak yang berpikir Maladewa hanya cocok untuk bulan madu bagi pasangan yang baru saja menikah. Namun ternyata negeri kepulauan ini tak hanya surga bagi para pengantin baru namun juga sangat sempurna untuk traveling bersama keluarga atau juga para backpacker.

Maladewa dengan keelokan pantai dan lautnya adalah tujuan pantai yang ramah bagi  traveler muslim. Selain itu traveling ke tempat ini juga tidak begitu menguras kantong, karena sekarang telah tersedia beberapa penerbangan langsung ke negeri tropis ini.  Bagaimana sudah siap berangkat? 

3. Kirgistan

Sampai sekarang, negara di Asia Tengah ini tampaknya masih belum menjadi destinasi yang mainstream.  Kyrgyzstan, nama resminya adalah permata tersembunyi yang indah. Pengaruh Islam tidak tampak jelas karena sejarah Sovietnya yang lebih populer.

Padahal sebenarnya negara ini tengah mengalami kebangkitan Islam, sehingga makanan halal mudah ditemukan di mana-mana, begitu juga tempat ibadah.

Negara ini adalah impian para pecinta alam, tetapi satu tempat yang harus dikunjungi oleh semua orang adalah Danau Issyk Kul. Danau alpine terbesar kedua di dunia, dengan latar belakang pegunungan Ala-Too yang tertutup salju.  

4. Uzbekistan

Jika trubus Mania tertarik dengan dunia sufi yang lebih fokus pada pemurnian batin, sebaiknya mengunjungi tempat ini. Uzbekistan penuh dengan tempat-tempat bersejarah yang menarik bagi pengikut Sufi, seperti Sheihantaur dan Mausoleum Zangiata di Tashkent.

Di negeri ini terdapat ratusan peninggalan bersejarah muslim yang sangat baik untuk diketahui. Menarik sekali belajar spiritual dari negara yang indah ini. Khusus warga Singapura, mereka bebas visa jika berkunjung ke sini.  

5. Kazakhstan

Seperti Kirgistand dan Uzbekistan, negara ini merupakan rumah bagi mayoritas penduduk Muslim. Tempat-tempat terkenal yang perlu dikunjungi adalah Kok-Tobe Hill dengan pemandangannya yang terbaik atau Medeu bagi mereka yang menyukai skating / ski, dan Danau Big Almaty dengan pemandangan pemandangan yang paling luar biasa. [KW]

Bagaimana reaksi kamu tentang artikel ini ?

Komentar

    Silahkan masukkan komentar...

Your email address will not be published.

Registration Login
Sign in with social account
or
Lupa Password?
Daftar Login
Sign in with social account
or
Registration Login
Registration