Es Krim Ubi Jalar Ungu, Enak dan Kaya Manfaat, Tertarik Mencicipi?

TrubusTravel
Astri Sofyanti | Followers 1
17 Nov 2017   17:00

Komentar
Es Krim Ubi Jalar Ungu, Enak dan Kaya Manfaat, Tertarik Mencicipi?

Es krim ubi jalar ungu. (Foto : Foto: Istimewa)

Trubus.id -- Ubi jalar menjadi salah satu bahan pangan yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Untuk itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Kementerian Pertanian kembali mengembangkan teknologi es krim yang terbuat dari ubi jalar ungu.

Pengembangan ini dilakukan karena ubi jalar memliki manfaat yang begitu besar bagi kesehatan. Berdasarkan keterangan tertulis dari Balitbangtan, ubi jalar ungu mengandung kandungan nutrisi antosianin yang cukup tinggi. Berfungsi sebagai antioksidan, antiradikal bebas, antimutagenetik (antimutasi gen), dan antikanker.

Oleh karena itu, Balai Penelitian Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) Balitbangtan, melakukan inovasi untuk meningkatkan nilai tambah komoditas pangan tersebut. Es krim ubi jalar dibuat untuk meningkatkan daya konsumsi makanan sehat di lingkungan masyarakat.

Nantinya, es krim ubi jalar ini akan dikelola oleh UKM yang berasal dari Ciamis, Jawa Barat, yakni Detin Khoerotin. Itu karena, hasil produksi ubi jalar ungu di wilayah Ciamis sangat melimpah. Rencananya, Detin Khoerotin akan mengembangkan varian es krim ubi jalar ungu dengan sejumlah kombinasi rasa lainnya seperti cokelat.

"Es krim ubi jalar ungu kaya akan nutrisi, baik untuk kesehatan," kata Retno Sri Hartati, Kepala Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian (Balai PATP) Balitbangtan.

Wah, jadi enggak sabar nih mau mencoba. Bagaimana Trubus Mania? [DF]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: