Resep Olahan Daun Kelor untuk Berbuka Puasa

TrubusTravel
Astri Sofyanti
02 Mei 2020   14:00 WIB

Komentar
Resep Olahan Daun Kelor untuk Berbuka Puasa

Sayur bening daun kelor (Istimewa)

Trubus.id -- Ketika berbuka puasa santapan manis seperti kolak pisang, es buah hingga berbagai macam gorengan menjadi primadona bagi masyarakat.

Namun, bulan puasa tahun ini berbeda. Sebab, pertama kalinya seluruh umat muslim menjalankan ibadah puasa serta turut menghadapi pandemi virus corona (Covid-19). Kondisi di tengah Covid-19 ini memaksa masyarakat untuk mengubah perilaku mengonsumsi makanan, termasuk saat berbuka yang umumnya mengonsumsi minuman bergula tinggi dan berlemak seperti gorengan.

Oleh karena itu, sebaiknya, pilih menu santapan yang bernutrisi mudah dicerna dan mengandung sedikit protein serta lemak sehat untuk buka puasa, seperti bening daun kelor.

Daun kelor sendiri memiliki banyak gizi yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Daun kelor kaya akan kandungan vitamin dan sifat anti kankernya menyebabkan daun kelor dinobatkan sebagai tanaman paling berkasiat di dunia. Jadi penasaran kan gimana ya cara masak daun kelor?

Berikut sejumlah olahan daun kelor santapan sehat sebagai menu berbuka puasa yang dirangkum dari berbagai sumber:

Bening Daun kelor

Membuat sayur bening daun kelor sangat mudah dan sederhana. Pertama, siapkan daun kelor muda yang masih berwarna hijau secukupnya sesuai kebutuhan. Kemudian, siapkan 4 siung bawang merah dan bawang putih, 2 ruas temu kunci, jagung manis, garam, penyedap rasa, 500 ml air atau sesui selera.

Cara membuat, pertama rebuskan air, kemudian masukkan jagung, daun kelor, garam, penyedap rasa dan juga 2 ruas temu kunci. Masaklah hingga daun kelor dan jagung matang.

Tumis daun kelor

Memasak sayur ini sama gampangnya dengan sayur bening. Pertama, kamu perlu buat bumbu terlebih dahulu. Potong 2 siung bawang merah, 1 siung bawah putih, 1 cabai merah besar, dan 1 cabai kecil (sesuai selera). Panaskan wajan lalu goreng potongan bumbu tadi, jangan lupa tambahkan daun salam sebagai penguat aroma. Setelah setengah matang, masukkan sayur kelor tadi.

Tumis sayur hingga matang, tambahkan garam, dan juga penyedap rasa. Jika kamu sedikit terganggu dengan rasa pahit dari kelor, tambahkan sedikit gula ke dalamnya. Diamkan sampai matang, kemudian sajikan.

Urap daun kelor

Menu ke tiga berbahan dasar daun kelor yakni dengan mengolahnya menjadi urap. Kamu juga diperbolehkan untuk menambah sayuran lain seperti bayam, tauge dan mentimun.

Cara mengolahnya, pertama seperti biasa rebus daun kelor yang muda, lalu tiriskan.

Untuk membuat kelapa keringnya, kamu perlu masukkan bumbu kuning, daun jeruk nipis, dan daun salam ke dalam wajan berisikan minyak yang sudah panas. Setelah agak matang kamu bisa memasukkan kelapa yang sudah d parut beserta santannya k dalam wajan berisi bumbu tadi. aduk merata. Jangan lupa menggoreng bawang merah dan putih sedikit ya untuk menambah kegurihan sayur urap ini.

Setelah selesai, ambil sayur kelor yang sudah direbuskan tadi lalu aduk rata dengan bumbu yang sudah dibuat. Tambahkan garam dan sedikit penyedap bila diperlukan, bila kurang gurih kamu bisa menambahkan gula karena gula merupakan penyedap rasa alami. Setelah itu jangan lupa tambahkan bawang goreng.

Bagaimana sederhana bukan membuat olahan sehat berbahan dasar daun kelor sebagai menu berbuka puasa, selama mencoba..

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Hore! Kaldera Toba Terpilih jadi Unesco Global Park Baru

Destinasi   08 Juli 2020 - 17:46 WIB
Bagikan: