Unik! Orang Rusia Mengawetkan Buah dengan Cara Diolah Jadi Makanan Manis

TrubusTravel
Hernawan Nugroho
08 Feb 2020   13:00 WIB

Komentar
Unik! Orang Rusia Mengawetkan Buah dengan Cara Diolah Jadi Makanan Manis

Apel panggang. Apel adalah salah satu buah yang suka diawetkan oleh masyarakat Rusia (cuisine)

Trubus.id -- Apa yang Trubus Mania ingat jika mendengar tentang negara Rusia? Mungkin beberapa teringat kalau Rusia adalah negara terbesar yang ada di dunia.

Walaupun besar, namun sebagian besar wilayah rusia adalah hutan yang tidak dihuni oleh manusia. Selain itu, Rusia juga dikenal sebagai negara yang memiliki cuaca yang cukup dingin.

Banyak keunikan-keunikan lainnya yang dimiliki oleh Rusia. Salah satu keunikannya adalah cara orang Rusia mengawetkan buah-buahan.

Rusia merupakan salah satu negara yang cukup dingin. Karena itu, banyak buah-buahan yang diawetkan dengan cara diolah menjadi makanan manis atau dijadikan campuran makanan manis.

Baca Lainnya : Disney Amerika Mulai Tawarkan Menu Makanan Berbasis Vegan 

1. Churchkhela

Hidangan yang satu ini terbuat dari kacang-kacangan yang diutaikan. Untaian kacang-kacangan itu kemudian dicelupkan ke dalam jus anggur manis.

Jus anggur itu sebelumnya sudah dikentalkan dengan tepung, jadi mudah menempel. Setelah dicelup, untaian kacang itu akan dijemur dibawah sinar matahari minimal dua minggu.

Setelah dijemur, churchkhela akan diperam selama tiga bulan. Setelah itu, baru bisa dimakan. Makanan manis ini rasanya mirip seperti cokelat.

Churchkhela (foto: cuisine)

2. Apel panggang

Mayoritas tempat di rusia memiliki cuaca yang dingin. Musim panas lebih singkat dan hasil panen buah jadi lebih sedikit.

Supaya bisa bertahan lama, buah yang dipanen di musim panas biasanya diawetkan. Apel adalah salah satu buah yang suka diawetkan oleh masyarakat Rusia.

Masyarakat Rusia biasanya mengawetkan apel dengan cara merendamnya di dalam sirup. Saat akan dimakan, apelnya akan dipanggang terlebih dahulu. Unik, ya!

Baca Lainnya : 5 Hal yang Diprediksi Jadi Tren Makanan 2020

3. Smokva

Smokva adalah makanan manis yang terbuat dari buah ara, apel, quince, plum, atau rowanberries. Buah yang akan diolah menjadi smokva biasanya dipotong-potong dan direndam dalam madu.

Proses perendaman ini berlangsung cukup lama, kalau tidak, buahnya tidak akan jadi smokva. Smokva termasuk makanan manis yang agak susah ditemukan, karena sudah jarang dibuat.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: