Tips Agar Tetap Aman Bepergian Saat Wabah Coronavirus

TrubusTravel
Hernawan Nugroho
27 Jan 2020   11:00 WIB

Komentar
Tips Agar Tetap Aman Bepergian Saat Wabah Coronavirus

Berkonsultasi ke dokter sebelum mengunjungi negara yang terinfeksi wabah penyakit tertentu sangat penting. (Healthline)

Trubus.id -- Novel coronavirus yang berawal dari Wuhan, Tiongkok, kini sudah memakan 26 korban jiwa dan ratusan orang lain di sejumlah negara terinfeksi. Masyarakat diimbau untuk tetap waspada, terutama saat bepergian di tengah wabah coronavirus berlangsung.  Idealnya, Anda tidak perlu bepergian dulu ke negara-negara yang sudah terjangkit virus. Namun apabila terpaksa, berikut persiapan yang diperlukan agar rencana bepergian tidak berakhir dengan gangguan kesehatan.

Sebenarnya, CDC sudah mengsolasi kota Wuhan agar tidak ada yang berkunjung. Selain itu, pemerintah Tiongkok juga menutup jalur transportasi ke Wuhan, baik ke luar maupun ke dalam. Tak ada bus, pesawat, dan kereta api, yang datang dan pergi ke kota di Tiongkok tenggara tersebut.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko penularan dari masyarakat yang mungkin belum teridentifikasi kepada warga yang bukan berasal dari kota Wuhan. Maka itu, kota pertama penyebaran novel coronavirus ini ditutup sementara waktu.  Bila Anda terpaksa harus mengunjungi kota Tiongkok selain Wuhan dan beberapa kota di negara lain yang sudah terjangkit virus, sangat disarankan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan tubuh agar terhindar dari risiko Novel coronavirus. 

Baca Lainnya : 10 Tips Piknik Asyik dari Traveler yang Berpengalaman 10 Tahun Keliling Dunia

Berikut ini ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika bepergian saat wabah Novel corona virus terjadi:

1. Konsultasi ke dokter

Berkonsultasi ke dokter sebelum mengunjungi negara yang terinfeksi wabah penyakit tertentu sangat penting. Normalnya, konsultasi ini dilakukan setidaknya 4-8 minggu sebelum perjalanan dilakukan, terutama bagi Anda yang menetap lebih dari 2 minggu di daerah tujuan. 

Bagi Anda yang baru saja mendapatkan rincian perjalanan di menit terakhir pun masih dapat berkonsultasi ke dokter.  Konsultasi ini akan membuat Anda jadi lebih paham mengenai wabah coronavirus. Selain itu, dokter mungkin akan menentukan jenis vaksin yang dibutuhkan, peralatan kesehatan dasar, dan obat-obatan yang mungkin diperlukan sesuai kondisi Anda.  Dengan begitu, Anda dapat bepergian dengan aman saat wabah coronavirus berlangsung. Jangan lupa menambah wawasan tentang coronavirus jurnal atau informasi resmi lainnya.

(foto: shutterstock)

2. Menghindari tempat hidup satwa liar

Setelah berkonsultasi dengan dokter, tips bepergian aman saat wabah coronavirus terjadi lainnya adalah menghindari tempat hidup satwa liar, seperti area tempat hewan disembelih, seperti peternakan dan pasar hewan hidup dan pasar ikan dan binatang laut.Apabila Anda terpaksa mengunjungi tempat-tempat yang sudah disebutkan di atas, usahakan untuk menghindari kontak pada binatang secara langsung. 

Jika sudah terjadi, upayakan agar tangan yang terkontaminasi tidak menyentuh bagian-bagian yang vital, yaitu mata, hidung, dan mulut. Supaya Anda lebih aman bepergian saat coronavirus terjadi dan mengunjungi tempat satwa liar, pakailah selalu sarung tangan. 

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Hore! Kaldera Toba Terpilih jadi Unesco Global Park Baru

Destinasi   08 Juli 2020 - 17:46 WIB
Bagikan: