Serunya Menikmati Perjalanan Menuju Danau Kelimutu

TrubusTravel
Hernawan Nugroho
15 Jan 2020   22:00 WIB

Komentar
Serunya Menikmati Perjalanan Menuju Danau Kelimutu

Di kanan-kiri jalan terdapat perkebunan rakyat dengan tanaman-tanaman kemiri, cengkeh, cokelat, hingga sawah dengan terasering mengikuti kontur tanah yang berbukit (travelingyuk)

Trubus.id -- Terpesona dengan keindahan danau tiga warna; Kelimutu, dan ingin berkunjung ke sana? Bagi Trubus Mania yang berasal dari luar kota, biasanya titik awal perjalanan adalah dari Bandara H. Hasan Aroeboesman di Kabupaten Ende. Dari Ende, kita bisa melanjutkan perjalanan menuju Desa Moni, sebuah desa yang berada di kaki Gunung Kelimutu dengan jarak perjalanan sekitar 65 Kilometer dari bandara.

Harap maklum, karena transportasi umum di Ende masih terbilang minim, kita bisa menggunakan jasa travel dengan tujuan Desa Moni atau Gunung Kelimutu. Jika memang mahir berkendara, sebenarnya dapat saja menyewa kendaraan bermotor.

Baca Lainnya : Menyusuri Danau Tertinggi di Asia Tenggara, Gunung Tujuh

Namun mengingat  jarak yang ditempuh pengunjung dari Kabupaten Ende sekitar 50 km menuju ke Desa Moni dan 15 km dari sampai ke gerbang pintu masuk Taman Nasional Kelimutu, pastikan kondisi benar-benar prima jika hendak mengemudi kendaraan sewaan sendiri.

Sebenarnya sepanjang perjalanan dari Bandara ke Kampung Moni terhampar pemandangan yang indah, loh! Sebab umumnya di kanan-kiri jalan terdapat perkebunan rakyat dengan tanaman-tanaman kemiri, cengkeh, cokelat, hingga sawah dengan terasering mengikuti kontur tanah yang berbukit.

(foto: travelingyuk)

Di Desa Moni, banyak terdapat penginapan dengan fasilitas yang bervariasi. Kita bisa memilih sesuai bujet dan kebutuhan. Paling penting pilih yang dirasa nyaman untuk beristirahat demi memulihkan tenaga. Untungnya, cuaca di Desa Moni cukup sejuk dan cenderung dingin, jadi cukup segar. Hanya saja siapkan pakaian hangat agar tidak kedinginan.

Jangan lupa, sebelum menuju kawasan Taman Nasional Danau Kelimutu, siapkan tenaga dan stamina. Sebab kita harus berjalan kaki menaiki puluhan anak tangga dengan trek yang cukup menanjak, dengan ‘kado’ sebuah lanskap Danau Kelimutu dari ketinggian yang sangat indah.

Baca Lainnya : Festival Danau Kelimutu Memantik Kemajuan Pariwisata di Ende

Jangan takut, banyak kok pengunjung lain yang rela melakukan trekking di pagi buta, hanya untuk menyaksikan keindahan sunrise dari puncak Gunung Kelimutu. Jumlah pengunjung yang melakukan trekking bersama-sama terbilang lumayan untuk memompa semangat.

Bagaimana sudah siap untuk menikmati panorama keindahan alam mengelilingi Danau Kelimutu?

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

7 Jenis Roti di India dan Mengapa Mereka Disebut Unik

Kuliner   19 Jan 2020 - 16:17 WIB
Bagikan: