Tip Anti Mabuk Laut agar Perjalanan Menyenangkan

TrubusTravel
Hernawan Nugroho
24 Okt 2019   12:00 WIB

Komentar
Tip Anti Mabuk Laut agar Perjalanan Menyenangkan

Mabuk laut dapat mengubah suasana menjadi menyebalkan saat bertamasya (gettyimages)

Trubus.id -- Saat sedang diperjalanan menuju suatu lokasi wisata, pasti tak nyaman sekali, ya, jika tiba-tiba mabuk laut. Bahkan perjalanan yang sudah direncanakan bisa rusak karena masalah ini.  Travelling menginformasikan bahwa mabuk laut terjadi ketika tubuh, telinga dalam dan mata mengirimkan sinyal berbeda ke otak. Stimulasi keliru yang muncul mengakibatkan keseluruhan tubuh kehilangan keseimbangan. Mabuk laut membuat tubuh merasakan pusing dan mual. Namun, tak perlu khawatir, banyak cara untuk mengantisipasi kondisi mabuk laut. Berikut di antaranya:

Baca Lainnya : Tips Cegah Gangguan Pencernaan Saat Berwisata

1. Beri jarak antara makan dengan perjalanan
Sebelum melakukan perjalanan, sebaiknya kondisi perut tidak kosong sama sekali. Tetapi, berikan jeda waktu antara makan dengan perjalanan, paling tidak makan satu jam sebelum melakukan perjalanan. Atur juga jumlah makanan yang akan kita akan. Sebaiknya tidak terlalu banyak dan juga jangan terlalu sedikit.

2. Hindari membaca selama perjalanan di laut
Membaca adalah aktivitas pemecah rasa bosan saat berlayar. Namun, kondisi perairan yang tidak menentu membuat otak bekerja lebih keras menyaring sinyal yang masuk dari mata. Hal ini akan mengakibatkan rasa mual. Otak sulit memproses keseimbangan dan menyalurkannya ke seluruh tubuh.

3. Minum obat anti mabuk
Untuk mencegah mabuk laut, konsumsi obat anti mabuk sebelum melakukan perjalanan kalau perlu sediakan di dalam tas. Apabila sewaktu-waktu merasakan mual saat perjalanan di kapal bisa langsung mengkonsumsi. Obat anti mabuk biasanya akan mebuat kita merasa mengantuk agar kita bisa beristirahat.

4. Posisi duduk searah jalannya kapal
Posisi duduk sangat mempengaruhi kondisi lambung. Untuk mencegah mabuk laut, cari posisi duduk yang searah dengan jalannya kapal. Jangan membelakangi jalannya kapal yang mengakibatkan pusing dan mual.

Baca Lainnya : Waspadai Gangguan Kesehatan Anak saat Berwisata

5. Hindari bau tak sedap
Bau tak sedap bisa menyebabkan perut mual dan lama-lama akan membuat kepala pusing. Tak sedikit sumber bau tak sedap akan memancing rasa mual.  Makanya, pengelola kapal sering sekali mengingatkan para penumpang untuk tidak membawa makanan atau barang yang berbau menyengat agar tidak mengganggu penumpang lain.

6. Cari udara segar
Udara pengap di kapal dan bau tak sedap akan menyebabkan pusing dan mual. Mengalihkan pandangan dengan sejauh mata memandang dan menghirup udara bebas akan mengurangi rasa pusing dan mual. Jika melakukan perjalanan laut, alihkan posisi ke dek kapal, memandang langit atau awan, melihat lautan luas dan menghirup udara segar. Cara ini dapat membuat badan lebih segar dan bisa menghilangkan rasa pusing dan mual.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Bukit Kuneer, Favorit Baru di Kota Malang

Destinasi   08 Nov 2019 - 16:20 WIB
Bagikan: