Otak-otak, Makanan Asli Palembang Selain Pempek

TrubusTravel
Hernawan Nugroho | Followers 0
26 Sep 2019   11:30

Komentar
Otak-otak, Makanan Asli Palembang Selain Pempek

Otak-otak makanan asli Palembang selain pempek (Foto : BisnisWisata)

Trubus.id -- Apakah otak-otak menjadi salah satu jajanan tradisional favorit Trubus Mania? Otak-otak yang menjadi makanan khas Palembang kini bisa ditemukan di berbagai daerah di Sumatera dan Jawa. Dari rasanya, kita bisa mengetahui bahwa otak-otak dibuat dari ikan, tapi kenapa disebut otak-otak, ya?

Baca Lainnya : 6 Makanan Ringan Menyegarkan untuk Mengalahkan Panas di Musim Kemarau

BisnisWisata menerangkan, kuliner otak-otak memang populer di sekitar Selat Malaka dan Selat Karimata. Oleh sebab itu, makanan khas Palembang ini sangat populer di Kepulauan Riau, Singapura, dan Malaysia. Otak-otak sendiri terbuat dari daging ikan tenggiri yang dicincang lalu dibungkus dengan daun pisang dan dipanggang.

Biasanya, di pulau Jawa otak-otak disajikan dengan saus kacang. Namun berbeda di daerah asalnya. Di Palembang, otak-otak disajikan menggunakan cuko merah seperti kuah pempek. Nah, apakah Trubus Mania merasa tergiur ingin mencoba membuat otak-otak di rumah?

Umumnya, bahan utama untuk membuat otak-otak ini adalah ikan tenggiri yang dicincang halus. Daging ikan tenggiri memiliki rasa gurih dan tidak memiliki tulang yang banyak sehingga dijadikan sebagai bahan dasar otak-otak. Daging kemudian dicampur dengan bumbu-bumbu. Adapun bumbu adonan otak-otak terdiri dari bawang, santan, putih telur, garam, dan gula.

Baca Lainnya : Kaparak, Makanan Khas Sumba yang Mampu Bertahan Berbulan-bulan

Setelahnya, kamu bisa menaruh adonan pada daun pisang yang sudah dibersihkan dan membungkusnya. Pada bagian ujung, kamu bisa menutup daun pisang dengan lidi atau menggunakan stapler. Kalau ingin membuat cuko merah seperti otak-otak khas Palembang, Trubus Mania bisa membuatnya dari cabai, tauco, garam, dan gula.

Kamu makin penasarasan kenapa disebut otak-otak? Konon, makanan ini disebut otak-otak karena penampilan dan teksturnya. Otak-otak memiliki tekstur kenyal dan lembut, kemudian warnanya putih, mirip seperti otak. Karenanya, orang-orang menyebutnya otak-otak. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: