Kota Medan Beragam Seni dan Budaya, Ribuan Warga Menari Ahoii Bersama

TrubusTravel
Thomas Aquinus | Followers 2
16 Sep 2019   10:00

Komentar
Kota Medan Beragam Seni dan Budaya, Ribuan Warga Menari Ahoii Bersama

Ribuan warga dengan penuh semangat dan antusias mengikuti Tarian Ahoii di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Ribuan warga dengan penuh semangat dan antusias mengikuti Tarian Ahoii di Lapangan Merdeka, Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut). Kegiatan ini menunjukkan Kota Medan kaya akan keanekaragaman seni dan budaya.

Masyarakat berdatangan ke Lapangan Merdeka sejak pukul 06.00 WIB. Mereka dengan mengenakan pakaian bernuansa merah dan putih, tidak sedikit datang membawa anggota keluarga. Tarian Ahoii yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB juga diikuti langsung Wakil Wali Kota Medan, Akhyar Nasution.

Tarian Ahoii adalah tarian asli asal Kota Medan yang merupakan gabungan dari gerak tari serta musik dari seluruh etnis di Kota Medan. Dipandu sejumlah instruktur, Akhyar bersama ribuan masyarakat dengan kompak membawakan Tarian Ahoii.

Baca Lainnya : Potensi Wisata Budaya dari Kalimantan Timur, Lokasi Ibu Kota yang Baru

Di tengah-tengah formasi tarian, tampak sejumlah warga mengenakan pakaian adat. Saat tarian Ahoii berlangsung, tidak sedikit warga yang tengah mengikuti Car Free Day (CFD) menghentikan kegiatannya dan ikut menari.

Usai mengikuti Tarian Ahoii, Akhyar mengatakan, Kota Medan merupakan kota yang kreatif dan memiliki keberagaman seni dan budaya yang menjadi ciri khas. Melalui kegiatan bertajuk "Seberapa Indonesianya Kamu", akan lebih mempopulerkan Medan sebagai kota yang kaya akan keberagaman.

"Kita ingin menunjukkan kepada seluruh kota di Indonesia bahwasanya Kota Medan kaya akan seni dan budaya," kata Akhyar, Minggu (15/9).

Dengan digelarnya Tarian Ahoii, Akhyar berharap agar seluruh warga Kota Medan dapat mengetahui bahwa kotanya memiliki Tarian Ahoii yang melambangkan keberagaman. Dengan demikian, para warga bisa semakin mencintai dan melestarikan Tarian Ahoii tersebut.

"Mari terus kita perkenalkan dan lestarikan bersama," ujarnya.

Baca Lainnya : Destinasi Prioritas Danau Toba Kembangkan Glamping dan Budaya

Kadis Pariwisata Kota Medan, Agus Suriono, mengajak seluruh warga Kota Medan untuk terus memperkenalkan dan mempromosikan Tarian Ahoii Nusantara yang kini menjadi ikon Kota Medan.

"Kita ingin menunjukkan Kota Medan lebih Indonesia," jelas Agus.

Agus berharap, melalui Tarian Ahoii, Kota Medan semakin dikenal tidak hanya di nusantara tapi juga mancanegara sehingga menjadi daya tarik untuk datang berkunjung ke Kota Medan.

"Apabila wisatawan semakin banyak mengunjungi Medan, tentunya akan baik untuk menggeliatkan dunia pariwisata di Kota Medan dan berdampak positif terhadap perekonomian masyarakat," tandasnya. [RP/NN]

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 16 Sep 2019 - 14:10

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          

Lima Wisata di Tarakan yang Sayang Dilewatkan

Hernawan Nugroho   Destinasi
Bagikan:          
Bagikan: