Tebing Breksi, Primadona Obyek Wisata Berpanorama Indah di Yogyakarta

TrubusTravel
Hernawan Nugroho | Followers 0
10 Sep 2019   11:00

Komentar
Tebing Breksi, Primadona Obyek Wisata Berpanorama Indah di Yogyakarta

Dari area tebing dapat menikmati pemandangan kota Yogyakarta dari jauh (Foto : dutawisata)

Trubus.id -- Tebing Breksi memang masih baru. Pendirian secara resminya sejak pertengahan tahun 2015. Sebelum itu, wilayah ini merupakan area tambang yang telah lama ditinggalkan. Namun masyarakat sekitar yang terkenal kreatif, memanfaatkannya menjadi sebuah tempat wisata eksotik. Dan memang benar, karena kreatifitas mereka, salah satu kekayaan geologis ini disulap menjadi tempat wisata nge-hits di Yogayakarta.

Seperti apa tempatnya? Bayangkan saja sebuah tempat dengan pemandangan tebing bekas penambangan di mana-mana. Dampak penambangan memang meninggalkan banyak bekas tersendiri, namun di kawasan ini, hal itu dimanfaatkan dengan cara membuatnya menjadi salah satu tempat wisata di DI Yogyakarta.

Material vulkanik purba yang dipercantik menjadi sebuah obyek wisata (Foto:dutawisata)

Menurut laman Dutawisata, bekas-bekas tersebut semakin diperhalus agar menjadi menarik. Tebing-tebingnya dibuat menjadi anak tangga yang tinggi sehingga kamu sekarang dapat berjalan menuju ke puncak. Pemandangan di puncak tebing sangatlah mengagumkan. Trubus Mania bisa melihat indahnya kota Yogyakarta, berbagai candi di sekitar sampai pemandangan alam lainnya.

Baca Lainnya : Sensasi Spesial dengan Ragam Atraksi, Yuk Cicipi Festival Minum Jamu di Yogyakarta

Tebing Breksi dulunya merupakan endapan dari abu vulkanik gunung Nglanggeran yang kaya akan batuan kapur breksi. Warga kemudian mengambil manfaat ekonomi dari batuan tersebut dan menjadikanya sebagai daerah pertambangan. Namun beberapa tahun yang lalu pemerintah Yogyakarta menjadikan kawasan ini sebagai salah satu cagar alam yang harus dilindungi, Oleh sebab itu sekarang tempat ini menjadi kawasan wisata yang diberi nama Tebing Breksi.

Tebing Breksi semakin mempesona berkat dukungan dan kepedulian masyarakat. Selain membuat anak tangga, mereka juga mengizinkan seniman kreatif lainya untuk membuat ukiran di sepanjang dinding tebing. Dari ukiran berbentuk orang, abstrak, sampai wayang pun ada di sana.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Lima Wisata di Tarakan yang Sayang Dilewatkan

Hernawan Nugroho   Destinasi
Bagikan:          
Bagikan: