Gudangnya Kekayaan Alam Satwa Eksotis Indonesia? Papua Tempatnya

TrubusTravel
Hernawan Nugroho | Followers 0
21 Agu 2019   14:30

Komentar
Gudangnya Kekayaan Alam Satwa Eksotis Indonesia? Papua Tempatnya

Mambruk adalah salah satu burung cantik yang hanya terdapat di Papua (Foto : Burung Indonesia)

Trubus.id -- Pulau paling timur di Indonesia, Papua, mempunyai pesona yang luar biasa. Kaya akan alam dan budaya, membuat wisatawan akan terkagum saat berkunjung ke sana. Salah satu pulau besar di Indonesia yang terbagi atas Provinsi Papua Barat dan Papua, ada banyak destinasi wisata alam menarik yang dapat dikunjungi. Khusus terkait dengan kekayaan alam berupa keunikan satwanya, Pulau Papua adalah surganya para hewan tersebut.

Baca Lainnya : Raja Ampat Punya Destinasi Khusus Wisatawan Pecinta Ular Endemik Papua

 Jika Trubus Mania menyukai wisata alam bebas yang bernuansa petualangan, Papua News menginformasikan bahwa saat ini kamu dapat meminta bantuan kepada warga setempat untuk menunjukkan habitat  hewan-hewan endemik yang sangat unik dan cantik-cantik di sana. Makna endemik sendiri adalah suatu istilah untuk sebutan sebuah kondisi yang hanya ada pada satu lokasi geografi tertentu, seperti pulau, negara, atau zona ekologi tertentu. Berikut ini 5 hewan endemik yang berada di Papua.

1. Cenderawasih

Burung yang sangat indah ini sudah terkenal ke seluruh penjuru dunia, sehingga burung cenderawasih mempunyai julukan sebagai Bird Of Paradise. Burung ini hanya ada di timur indonesia tepatnya di Papua, ada sekitar 30 spesies cenderawasih di papua dan salah satunya merupakan Seleucidis Melanoleuca yang termasuk spesies yang dilindungi negara. Sayangnya burung cenderawasih atau yang biasa di juluki burung surga ini terancam punah akibat ulah tangan manusia yang tidak bertanggung jawab.

Keindahannya membuat orang menjuluki sebagai burung dari surga (foto: Biodivesity)

2. Kanguru Pohon Mantel Emas

Kanguru pohon mantel emas atau dalam nama ilmiahnya disebut Dendrolagus Pulcherrimus ialah jenis kanguru pohon yang hanya bisa di jumpai pada hutan pegunungan Papua. Binatang ini memiliki rambut-rambut halus pendek berwarna coklat. Leher, pipi serta kakinya berwarna kekuning-kuningan. Penampilan Kanguru ini hampir sama dengan kanguru pohon hias, perbedaannya hanya di warna muka, warna pundak, telinganya berwarna putih dan berukuran lebih kecil dari kanguru pohon hias.

Berbeda dengan kanguru Australia, ia menghabiskan banyak waktunya di pepohonan (foto: Papua News)

3. Kasuari

Burung kasuari memiliki satu gelambir. Hewan ini bulunya sangat lebat, dan mempunyai tinggi badan sekitar 160 cm dengan berat 55-58 kg. Burung ini tidak bersayap dan termasuk hewan pemakan buah-buahan, tapi jangan pernah bersentuhan langsung dengan burung ini, karena jika burung ini merasa terancam kakinya yang besar dan sangat berbahaya siap untuk menendang anda sampai bisa mencidirai dengan parah sehingga berakibat kematian. Kasuari hanya hidup di pulau Papua dan Papua Nugini.

Kasuari dinobatkan sebagai burung tuna terbang terbesar di dunia. (Foto: Reader Digest)

4. Nuri Sayap Hitam

Burung ini dalam nama ilmiah disebut Eos Cyanogenia adalah sejenis nuri yang berukuran sedang dengan panjang sekitar 30cm. Burung nuri ini mempunyai bulu berwarna merah cerah, bercak ungu di sekitar area telinga, paruh berwarna merah kekuningan, serta punggung hitam dan mempunyai iris mata berwarna merah. Jenis kelamin burung jantan dan betina serupa, burung ini hanya ditemukan di habitat hutan pesisir pulau Biak dan pulau-pulau di teluk cenderawasih. Burung nuri sayap hitam sering di temukan dan bersarang di perkebunan kelapa.

Nuri sayap hitam kini termasuk satwa dilindungi dan terancam punah (Foto: Papua News)

5. Burung Mambruk

Mambruk Victoria atau yang lebih dikenal dalam bahasa ilmiahnya dengan sebutan Goura Victoria merupakan jenis burung yang termasuk ke dalam suku burung Colombidade. Burung mambruk ini merupakan salah satu dari tiga burung dara mahkota dan merupakan spesies paling besar di antara jenis burung merpati lainnya. Populasi burung mambruk tersebar di bagian utara Pulau Papua, termasuk Pulau Yapen, Biak dan pulau-pulau kecil yang berada disekitarnya. Saat ini mambruk dipakai sebagai ikon dari daerah Manokwari. [NN]

Baca Lainnya : Taman Nasional Wasur, Pesona Nusantara di Ujung Timur Papua

Mambruk dengan keelokan mahkotanya membuatnya dijadikan gambar pada mata uang rupiah pada tahun 1980-an (Foto: Popular Science)

 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 21 Agu 2019 - 13:09

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: