Manokwari, Kota Sejarah dengan Segudang Destinasi Wisata

TrubusTravel
Thomas Aquinus | Followers 2
20 Agu 2019   15:05

Komentar
Manokwari, Kota Sejarah dengan Segudang Destinasi Wisata

Pantai Amban, destinasi wisata di Manokwari (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Sebagai ibu kota Provinsi Papua Barat, Manokwari bisa dikatakan sebagai kota bersejarah dalam persebaran ajaran Kristen di Nusantara. Hal tersebut karena pada tanggal 5 Februari 1855, dua orang penginjil mendarat di Pulau Mansinam dan memulai karya penyebaran agama Kristen Protestan di kalangan suku-suku yang masih suka berperang saat itu.

Manokwari sendiri terletak di pantai utara Daerah Kepala Burung Pulau Papua yang menyimpan pesona wisata alam yang memukau. Nah, jika Trubus Mania ingin berpetualang di Manokwari, berikut ini adalah beberapa rekomendasi objek wisata terbaik di lokasi tersebut. 

1. Pantai Bakaro

Pantai Bakaro (Foto: bacpackerjakarta)

Pantai Bakaro merupakan salah satu surga tersembunyi yang hanya 15 menit saja dari kota Manokwari. Pantai Bakaro sangat indah dengan hamparan pasir putih dan juga deburan ombak memang membuat suasana dari objek wisata ini sangatlah mempesona.

Baca Lainnya : Raja Ampat Punya Destinasi Khusus Wisatawan Pecinta Ular Endemik Papua

2. Pantai Amban

Pantai Amban (Foto: Istimewa)

Berbeda dengan Pantai Bakaro, Pantai Amban memiliki hamparan pasir halus berwarna kehitaman. Namun, hal ini justru menambah keeksotisan dari panorama indah Pantai Amban. Nah, Trubus Mania bisa mengunjungi destinasi wisata ini saat matahari terbenam.

3. Teluk Doreri

Teluk Doreri (Foto: fpattiselanno)

Trubus Mania bisa menikmati keindahan bawah laut, di Teluk Doreri dengan melakukan diving untuk melihat sisa-sisa dari Perang Dunia kedua.

Panorama dari bangkai kapal bekas perang dunia bersimbiosis dengan terumbu karang dan biota laut lainnya tentu akan memberikan pengalaman menyelam yang berbeda daripada biasanya.

4. Pantai Maruni

Di Pantai Maruni, Trubus Mania tak cuma bisa menikmati pemandangan pantai tapi juga melakukan berbagai aktivitas seru seperti berenang dan juga memancing. Selain itu, kamu juga bisa menjelajahi kawasan perairan dengan menyewa kapal nelayan setempat.

Baca Lainnya : Mau Merasakan Sensasi Salju Abadi Pegunungan Papua Tanpa Mendaki? Begini Caranya

5. Pulau Mansinam

Pulau Mansinan adalah salah satu tujuan wisata Manokwari yang cukup digemari. Objek wisata di Manokwari ini sendiri memang menyimpan nilai sejarah yang kental akan persebaran ajaran Kristen di daratan Papua. Jika berkunjung ke Pulau Mansinan, wajib hukumnya untuk singgah ke monumen Patung Yesus yang berukuran raksasa. Patung ini sendiri dibangun sebagai perlambang dari sejarah panjang peradaban Papua.

6. Danau Anggi

Danau Anggi (Foto: backpackerjakarta)

Berada di pegunungan Arfak, Trubus Mania bisa menemukan keindahan Danau Anggi.

Terdiri dari dua danau berbeda, tujuan tempat wisata di Manokwati satu ini tak cuma menawarkan panorama indah tetapi juga memiliki juga kisah legenda yang populer. Keberadaan danau ini menurut legenda setempat terbentuk dari air mata sepadang kekasih yang cintanya tak direstui karena perbedaan suku.

Kedua danau ini kini dinamakan Danau Anggi Ginji yang berasal dari air mata laki-laki dan Anggi Gita yang berasal dari air mata sang perempuan. Selain itu, banyak mitos yang menyebutkan bahwa terdapat naga jantan dan betina yang menghuni danau ini yang tak lain dan tak bukan adalah perwujudan dari kedua pasangan ini.

7. Hutan Gunung Meja

Gunung Meja (Foto: Indonesiakaya)

Kawasan wisata Gunung Meja memiliki suasana menyejukkan. Trubus Mania dapat melakukan banyak aktivitas mulai dari hiking, bersepeda, hingga sekedar piknik. Selain rimbunnya pepohonan, di kawasan wisata Gunung Meja juga terdapat Tugu Jepang sebagai monumen peringatan pendaratan Jepang pada saat perang dunia ke-2.

8. Pegunungan Wondiwoy

Cagar Alam Pegunungan Wondiwoy adalah rumah bagi tak kurang dari 147 species burung dan aneka flora serta fauna lainnya ini menawarkan bentang alam yang sangat memukau. Di pegunungan Wondiwoy, Trubus Mania juga bisa menemukan rumah-rumah tradisional Suku Arfak yang hidup di pedalaman Manokwari. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Lima Wisata di Tarakan yang Sayang Dilewatkan

Hernawan Nugroho   Destinasi
Bagikan:          
Bagikan: