Tak Hanya dari Kedelai, Berikut 4 Jenis Tempe Terpopuler di Indonesia 

TrubusTravel
Ayu E Setyowati | Followers 2
18 Agu 2019   09:00

Komentar
Tak Hanya dari Kedelai, Berikut 4 Jenis Tempe Terpopuler di Indonesia 

Tak hanya terbuat dari kedelai, tempe di Indonesia ada berbagai jenis juga loh. (Foto : FullofPlants)

Trubus.id -- Tempe cenderung identik dengan Indonesia, karena memang merupakan salah satu negara dengan produsen tempe terbesar di dunia, dan juga menjadi pasar kedelai terbesar di Asia. Tidak heran ya, karena tempe memiliki beragam jenis khasiat dan kandungan gizi yang membuatnya semakin banyak dicari. 

Tempe diklaim mengandung  antioksidan tinggi yang bisa melawan radikal bebas, dapat menghambat proses penuaan dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif, seperti aterosklerosis, jantung koroner, diabetes mellitus, hingga kanker. Dan, varian tempe tidak hanya satu, loh. Saat ini ada banyak jenis  tempe yang beredar di pasaran, berikut ulasannya. 

Tempe Kedelai 

Umumnya tempe terbuat dari bahan dasar kacang kedelai, seperti yang biasa kita konsumsi. Secara umum tempe berwarna putih yang berasal dari ragi yang merekatkan biji-biji kedelai, sehingga tempe mempunyai tekstur padat. Komponen-komponen kedelai yang difermentasi, membuat tempe memiliki rasa dan aroma yang khas. 

Tempe Gembus 

Tempe gembus merupakan jenis tempe yang terbuat dari ampas tahu, sehingga memiliki tekstur yang lebih empuk. Tempe gembus juga merupakan salah satu jenis tempe yang populer di masyarakat setelah tempe kedelai. Biasanya, tempe gembus akan diolah menjadi tempe goreng, tumis, atau bahkan disajikan dalam sayur lodeh.

Tempe Lamtoro

Ternyata, kacang lamtoro juga bisa menjadi bahan dasar untuk tempe, loh. Salah satu kota yang mempopulerkan tempe lamtoro ini adalah Wonogiri. Rasa tempe ini sedikit unik, namun tidak segurih tempe lainnya. Tempe lamtoro juga sedikit berlemak, disertai teksturnya yang cukup lembek.

Tempe Bengkuk

Tempe ini juga terkenal dengan sebutan tempe bongkek. Merupakan jenis tempe yang populer di kota Yogyakarta. Berbeda dengan jenis tempe lain, tempe benguk memiliki rasa yang gurih dengan teksturnya yang cenderung lebih keras. Warna dari tempe benguk sendiri cenderung kecokelatan, karena berbahan dasar kacang koro atau kacang benguk.

Sudah coba yang mana saja, Trubus Mania? 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


jesica oktavia 18 Agu 2019 - 12:19

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: