Ingin Mendaki Gunung Everest? Ini Aturan Baru dari Pemerintah Nepal

TrubusTravel
Syahroni
15 Agu 2019   20:30 WIB

Komentar
Ingin Mendaki Gunung Everest? Ini Aturan Baru dari Pemerintah Nepal

Empat kematian di Everest musim pendakian ini disebabkan oleh kepadatan pendaki. (AFP)

Trubus.id -- Awal tahun ini, setidaknya sudah 11 orang meninggal atau hilang di Gunung Everest. Sembilan dari kematian terjadi di sisi Nepal Everest dan dua di sisi Tibet, dengan empat kejadian dilatarbelakangi oleh padatnya pendaki.

Atas dasar itu, sebuah panel menyarankan pemerintah Nepal untuk membuat aturan baru bagi para pendaki yang ingin menaklukan gunung tertinggi di dunia itu. Yang pertama, para pendaki yang ingin mencoba menaklukan Gunung Everest harus bisa menunjukkan bahwa mereka adalah pendaki gunung berpengalaman.

Baca Lainnya : Pendaki Meninggal Akibat Antrean Panjang Menuju Puncak Gunung Everest

Dalam rekomendasi aturan baru itu juga diusulkan bahwa para pendaki harus punya pengalaman pernah mendaki puncak Nepal lain, setidaknya hingga ketinggian 6.500 meter dari permukaan laut (MDPL). Mereka juga harus memberikan sertifikat kebugaran fisik, dan mempekerjakan pemandu yang berpengalaman, tambahnya.

Laporan panel juga mengusulkan biaya setidaknya $ 35.000 atau sekitar Rp490 juta lebih untuk mereka yang ingin mendaki Everest, dan $ 20.000 atau sekitar Rp280 juta untuk gunung lain yang lebih tinggi dari 8.000 mdpl.

Baca Lainnya : Turun dari Gunung Everest, Pendaki Wajib Minimal Bawa Turun 8kg Sampah

"Kami akan meneruskan ini dengan mengubah undang-undang dan peraturan. Kami akan membuat gunung kami aman, dikelola dan bermartabat," kata Menteri Pariwisata Nepal, Yogesh Bhattari kepada wartawan seperti dilansir BBC News, Kamis (15/8).

Nepal adalah rumah bagi delapan dari 14 gunung tertinggi di dunia. Dan pendaki asing adalah sumber utama pendapatan negara itu. Panel Nepal dikelola oleh pejabat pemerintah, pakar pendakian dan lembaga masyarakat pendakian. Panel Nepal didirikan setelah kritik dari pendaki berpengalaman dan panduan sistem yang memungkinkan siapa pun yang membayar $ 11.000 atau sekitar Rp154 juta untuk mendaki Everest. Sebelumnya, pemerintah Nepal mengeluarkan rekor 381 izin musim ini.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Bukit Kuneer, Favorit Baru di Kota Malang

Destinasi   08 Nov 2019 - 16:20 WIB
Bagikan: