Tersesat Saat Bertualang? Jangan Panik, Simak Solusinya

TrubusTravel
Hernawan Nugroho | Followers 0
13 Agu 2019   22:00

Komentar
Tersesat Saat Bertualang? Jangan Panik, Simak Solusinya

Tersesat dapat menimpa siapa saja saat bertualang (Foto : SmarTraveler)

Trubus.id -- Perjalanan wisata seharusnya menyenangkan, tetapi fenomena tersesat itu seringkali susah dihindari. Jangan panik! Caroline Morse, penulis tips backpacking di USA Today memberi beberapa tips tentang apa yang harus dilakukan sedang tersesat saat melakukan perjalamam wisata bepergian. Mari kita simak solusinya, Trubus Mania.

1. Navigasi Menggunakan Piring Satelit

Jika tersesat di area perkotaan atau daerah yang banyak menggunakan alat modern carilah parabola penangkap sinyal satelit. Antena TV satelit (yang banyak dilihat pada atap rumah di seluruh dunia) biasanya mengarah ke garis khatulistiwa. Jadi, jika Trubus Mania berada di Belahan Bumi Utara, semua parabola harus mengarah ke selatan.

Baca Lainnya : Ini Alasan Pelancong Tidak Boleh Review Bohong di Situs Penyedia Fasilitas Wisata

 

2. Ikuti Aturan STOP

Jika Trubus Mania tersesat di alam bebas, misalnya hutan belantara, ikuti aturan "STOP". (S) Stop/Berhenti: Berkeliaran tanpa tujuan hanya akan membuat Anda lebih sulit ditemukan untuk pesta pencarian. Diamlah di tempat. (T) Think/Pikirkan: Cobalah untuk tidak panik. Jangan buang energi dengan mencoba melakukan apa pun tanpa pemikiran yang matang. (O) Observe/Amati: Lihatlah apa yang ada di sekitar dan lihat apakah ada sesuatu (tempat tinggal, air, dll.) yang dapat sekiranya membantu. Cek lagi wadah peralatan yang dibawa: apa yang mungkin dapat membantu? (P) Plan/Rencanakan: Cari tahu bagaimana mencari atau membuat tempat berlindung, membuat api, memasang sinyal untuk menarik perhatian, dan menemukan air.

Bertanya kepada penduduk lokal pun kadang terkendala bahasa asing yang tidak dapat dipahami (foto: USAToday) 

3. Temukan Landmark

Apakah ada penanda yang mengesankan — bisa berbentuk gedung tinggi, situs terkenal, atau gunung / laut di dekat tempat Trubus Mania? Minta orang-orang untuk mengarahkan ke arah itu.. Tidak dapat menemukan siapa pun? Cobalah untuk naik ke titik tinggi — mungkin dek observasi atau bukit besar, yang seharusnya memberi sudut pandang yang lebih baik.

4. Temukan Halte Transit Publik

Halte bus atau stasiun kereta bawah tanah umumnya akan memiliki peta jalan yang menunjukkan daerah sekitarnya, yang dapat membantu mengetahui ke mana harus berjalan kaki jika bus / kereta tidak lagi berjalan. Atau, naiklah bus / kereta bawah tanah / trem ke tujuan Trubus Mania jika sudah mengetahui tempat perhentian terdekat.

Baca Lainnya : Berisiko, Wisata Gunung Berapi Tetap Marak, Apa Sebabnya?

5. Dapatkan Wi-Fi

Bahkan di tempat-tempat paling terpencil, sebagian besar bar atau kafe memiliki Wi-Fi. Beli sesuatu yang kecil dan dapatkan kode beserta pembelian sehingga dapat mencari petunjuk. (Jangan lupa untuk screenshot mereka sehingga tidak tersesat lagi!) Jika Trubus Mania kehilangan tanpa uang atau tidak dapat menemukan properti terbuka dengan Wi-Fi, coba temukan tempat dengan Wi-Fi gratis. Namun, hati-hati, karena Wi-Fi gratis tak selalu aman terhadap privasi gawai.

6. Bertanyalah Kepada Orang

Tip ini terdengar remeh, tetapi bisa jadi sulit jika Trubus Mania berada di daerah berbahaya atau tidak berbicara bahasa. Jika tidak berbicara bahasa setempat, cobalah meminta penanda terkenal di dekat hotel yang dikenal namanya, atau gunakan aplikasi offline Google Translate untuk menerjemahkan pembicaraan.

Jika merasa tidak aman bertanya kepada seseorang di jalan (misalnya, jika bepergian sendirian dan itu adalah daerah yang sepi), pergilah ke bar, restoran, kafe, atau toko terdekat untuk menemukan seseorang yang dapat membantu. Jika memungkinkan segera mencari bantuan petugas polisi.

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: