6 Resor Populer Dunia Ini Paling Berkontribusi pada Konservasi Penyu

TrubusTravel
Ayu Erning Setyowati | Followers 2
04 Juli 2019   14:00

Komentar
6 Resor Populer Dunia Ini Paling Berkontribusi pada Konservasi Penyu

Penyu (Foto : Elevate Destinations)

Trubus.id -- Menurut WWF, enam dari tujuh spesies penyu dunia terancam punah karena sebagian besar disebabkan oleh polusi plastik, perubahan iklim, dan perburuan liar. Hanya satu dari setiap 1.000 telur penyu yang akan bertahan hidup hingga dewasa, dan satu dari dua penyu telah menelan plastik di beberapa titik. Penyu betina dapat bernavigasi di lautan untuk kembali ke pantai yang sama dimana mereka bersarang untuk menetaskan telurnya. Dan banyak dari pantai itu berada di dalam properti resor populer. Untungnya, sejumlah resor ini tetap berdedikasi untuk ekowisata dan perlindungan makhluk-makhluk agung yang sering mengunjungi pantai-pantai ini.

Dilansir dari laman Inhabitat, berikut resor-resor dari seluruh dunia dengan program konservasi yang ditujukan (dan berhasil) untuk konservasi penyu.

Panama Jack Resort, Cancun, Meksiko
Panama Jack Resort yang all-inclusive dan bersertifikat hijau di Cancun, Meksiko, merayakan Hari Penyu Sedunia tahun ini dengan menerapkan "Paket Penyu Laut" baru yang tersedia dari Agustus hingga November. Paket termasuk sumbangan ke Sea Turtle Conservancy, sesi langsung dengan tim konservasi resor dan fasilitas bertema seperti gelang penyu dan T-shirt.

Setiap musim, Panama Jack Cancun membantu menciptakan lingkungan yang menghasilkan lebih dari 10.000 telur penyu menetas, berkat upaya konservasi dan “Komite Perlindungan Penyu.” Komite ini bertanggung jawab untuk pembersihan pantai dan pembangunan sarang di lokasi peternakan penyu, dan resor ini menawarkan kursus ekologi bagi karyawan untuk belajar tentang penanganan telur yang tepat. Para tamu diundang untuk berpartisipasi dalam pembersihan pantai dan menyaksikan menetasnya telur dan lepasnya penyu saat matahari terbenam.

Baca Lainnya : Injak Sarang Penyu Dilindungi, Wanita Ini Ditahan Polisi

Blue Osa Yoga Retreat and Spa, Kosta Rika
Blue Osa Yoga Retreat and Spa di Kosta Rika bekerja sama dengan organisasi lokal Osa Conservation untuk menciptakan program retret “Selamatkan Penyu” yang berfokus pada kesehatan bagi para yogi yang ingin melakukan aksi untuk lingkungan. Semenanjung Osa dikunjungi setiap tahun oleh olive ridley dan penyu hijau hitam atau Pasifik, yang datang untuk bersarang di pantai selatan. Retret khusus biasanya ditawarkan dari April hingga November, tetapi selama waktu lain tahun ini, para tamu dapat menghubungi retret untuk kegiatan penyu. Para tamu akan berpartisipasi dalam patroli pagi dan malam, pemulihan telur penyu, dan pelepasan penyu di pagi hari.

Jupiter Beach Resort & Spa, Florida
Bekerja sama dengan organisasi konservasi laut setempat, Loggerhead Marinelife Center, Jupiter Beach Resort di Florida menawarkan paket khusus “Menginap dan Selamatkan Penyu”. Untuk tamu yang menginap tiga malam atau lebih, resor akan mengadopsi kura-kura laut asli atas nama si tamu, yang kemudian akan menerima kredit resor dan mainan bertema penyu.

Adopsi ini secara langsung berkontribusi pada perawatan yang berkelanjutan dari penyu yang sakit dan terluka di Loggerhead Marinelife Center serta studi lebih lanjut tentang penyu hijau, penyu belimbing dan tempayan yang bersarang di Pantai Juno, Jupiter dan Tequesta.

Turtle Beach Resort, Barbados
Turtle Beach Resort bersertifikasi Green Globe berada di hamparan garis pantai tempat penyu belimbing dan penyu sisik senang berkunjung selama bulan-bulan bersarang. Resor Karibia telah bekerja sama dengan Proyek Penyu Laut Barbados untuk menciptakan tim hotel "perintis penyu" yang bertanggung jawab mengajari para tamu tentang konservasi laut dan memimpin penyu menetas dari sarang mereka ke laut. Tim konservasi menyelenggarakan hari pembersihan pantai, di mana para tamu juga diundang untuk berpartisipasi.

Baca Lainnya : Penangkaran Penyu Ditutup, Hewan Langka Ini Berjuang untuk Bertahan Hidup

Surfing Turtle Lodge & Leon, Nikaragua
Surfing Turtle Lodge di Los Brasiles, Nikaragua, menciptakan tempat penetasan kura-kura sendiri untuk melindungi area bersarang di properti yang sering dikunjungi oleh penyu belimbing dan penyu hijau. Tidak terafiliasi dengan organisasi atau amal manapun, tempat penetasan Surfing Turtle sepenuhnya dioperasikan oleh karyawan hotel dan tamu. Sementara penetasan terjadi sepanjang tahun, musim puncak berlangsung dari September hingga Februari di daerah tersebut, dan para tamu dapat merasakan pengalaman melepas bayi penyu ke laut.

Four Seasons Resort Nevis, Hindia Barat
Terletak di St. Kitts & Nevis, The Four Seasons telah bekerja dengan Sea Turtle Conservancy dan Nevis Turtle Group sejak 2006, membantu pengunjung dan penduduk melindungi penyu asli. Pola migrasi penyu di dalam lautan terbuka masih menjadi misteri bagi para ilmuwan, dan alat pelacak satelit bisa mahal.

Setiap tahun, resor ini mensponsori dua pemancar satelit GPS untuk membantu Sea Turtle Conservancy dalam melacak pola migrasi penyu yang kembali ke Nevis setiap tahun untuk bersarang. Para tamu yang menginap di hotel dapat berpartisipasi dalam mengidentifikasi dan menandai sarang penyu dan mendapatkan data untuk melacak dan mempelajari jalur migrasi penyu.

Tidak hanya itu, para tamu juga dapat membantu anggota tim menemukan kura-kura yang sebenarnya dilengkapi dengan GPS (tentu saja setelah mereka selesai bersarang). Informasi berharga ini akan memberi para konservasionis alat dan informasi yang mereka butuhkan untuk melindungi spesies penyu yang terancam punah dengan lebih baik. [NN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Jesi Gho 04 Juli 2019 - 08:14

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: