Pariwisata Berkelanjutan di Raja Ampat jadi Percontohan Daerah Lain di Indonesia

TrubusTravel
Astri Sofyanti
26 Juni 2019   13:00 WIB

Komentar
Pariwisata Berkelanjutan di Raja Ampat jadi Percontohan Daerah Lain di Indonesia

Raja Ampat terkenal akan keindahan alamnya. (Istimewa)

Trubus.id -- Raja Ampat merupakan salah satu destinasi wisata di Provinsi Papua Barat yang menjadi tujuan wisatawan baik lokal ataupun mancanegara untuk mengeksplor keindahan alamnya serta menikmati lautnya yang begitu indah.

Kepopuleran Raja Ampat ini membuat destinasi wisata yang berada di pulau terujung nusantara ini menjadi daerah percontohan daerah dari sisi pengelolaan pariwisata berkelanjutan berbasis masyarakat. Selain itu, Raja Ampat juga akan dikembangkan menjadi destinasi wisata ekologis. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kepala Dinas Pariwisata Raja Ampat, Yusdi.

Baca Lainnya : Raja Ampat Punya Destinasi Khusus Wisatawan Pecinta Ular Endemik Papua

“Sudah banyak daerah baik luar maupun dalam Papua yang datang belajar pengelolaan pariwisata kerkelanjutan di Kabupaten Raja Ampat,” kata Yusdi di Lamatenggo di Waisai, Rabu (26/6/19) mengutip Antaranews.

Baca Lainnya : Cendrawasih Menari jadi Daya Tarik Hutan Warkesi di Raja Ampat

Oleh karena itu dikatakan Yusdi, semua program mulai dari pembangunan dan pengembangan pariwisata Raja Ampat akan menerapkan konsep pariwisata berkelanjutan. Menurutnya, pengembangan pariwisata di Indonesia sebagian besar wisata massal, dan akhir-akhir ini banyak daerah yang mulai kembangkan wisata ramah lingkungan atau wisata berkelanjutan.

“Kabupaten Raja Ampat telah melakukan konsep pariwisata berkelanjutan sejak awal dan dianggap berhasil oleh daerah lain di Indonesia,” tambahnya.

Bahkan diakuinya banyak daerah yang datang ke Raja Ampat guna belajar pengelolaan pariwisata berkelanjutan. Dirinya juga menuturkan jika, Bali, Manggarai Barat, Sumatera Barat, dan kabupaten tetangga Tambrauw serta Fakfak tahun ini datang ke Raja Ampat guna melakukan studi banding pengelolaan pariwisata berkelanjutan. [RN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Kebun Teh Gunung Dempo yang Menyejukkan Mata

Destinasi   13 Des 2019 - 11:05 WIB
Bagikan:          

Menyusuri Danau Tertinggi di Asia Tenggara, Gunung Tujuh

Destinasi   06 Des 2019 - 17:13 WIB
Bagikan: