Sebanyak 47.000 Wisatawan Kunjungi Danau Toba Selama Libur Lebaran

TrubusTravel
Reza Perdana | Followers 2
13 Juni 2019   12:30

Komentar
Sebanyak 47.000 Wisatawan Kunjungi Danau Toba Selama Libur Lebaran

Pemandangan Danau Toba (Foto : Trubus.id/Kontri Reza Perdana)

Trubus.id -- Sebanyak 47.000 wisatawan lokal maupun mancanegara mengunjungi Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut) selama masa libur Lebaran 2019 atau Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriah.

Direktur Utama Badan Pelaksana Otoritas Danau Toba (BPODT) Arie Prasetyo mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan tersebut berdasarkan periode tanggal 1 hingga 9 Juni 2019.

"Untuk wisatawan nusantara sebanyak 46.379 orang dan wisatawan mancanegara sebanyak 625 orang," kata Arie, Kamis (13/6).

Jumlah tersebut dinilai sangat fantastis. Pihak BPODT berharap, jumlah kunjungan wisatawan itu bisa menjadi penyemangat geliat pariwisata di Danau Toba sehingga bisa terus mengembangkan potensi yang ada.

Baca Lainnya : Dikunjungi 272.200 Wisatawan, Pantai Parangtritis jadi Destinasi Favorit Libur Lebaran 2019

Arie menyebut, pariwisata di Danau Toba, khususnya Samosir terus berkembang. Hal ini didukung juga dengan berbagai infrastruktur yang kini disematkan. Selain itu, ditambah juga dukungan kemudahan akses penyeberangan ke pulau berjuluk ‘Negeri Indah Kepingan Surga’ tersebut. 

"Kita apresiasi kerja sama berbagai pihak, mulai dari Kementerian Perhubungan, Pemprov Sumut, Pemkab di kawasan Danau Toba, Basarnas, Kepolisian dan pihak terkait lain," ucapnya. 

Sebelumnya, tim dari Kementerian Perhubungan juga mencatat arus penyebrangan kapal di Danau Toba semakin membaik. Selama arus mudik, arus penyeberangan tergolong lancar. 

Staf Ahli Menhub Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi, selaku ketua tim pemantauan transportasi penyeberangan di Danau Toba, Umar Aris menyebut, pada Minggu (9/6) Pelabuhan Simanindo, Samosir, melayani 17 trip penyeberangan ke daratan Sumatera. 

Baca Lainnya : 225.269 Wisatawan Berlibur ke Gunungkidul Selama Libur Lebaran

Kemudian dari Pelabuhan Ambarita, di hari yang sama, melayani sebanyak 5 trip dari pagi hingga pukul 20.10 WIB. Sementara dari Pelabuhan Tomok melayani sebanyak 9 trip dari pagi hingga pukul 20.45 WIB. 

Mereka juga melakukan pengawasan untuk memastikan manifest penumpang agar tidak melebihi kapasitas yang ditentukan, mengecek kelengkapan surat atau buku pelaut nakhoda dan awak kapal, serta memastikan adanya alat-alat keselamatan seperti pelampung.

"Kita juga memastikan operator kapal mematuhi aturan untuk tidak berlayar jika cuaca buruk," Umar menandaskan. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: