7 Destinasi Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi Saat Mudik Lebaran

TrubusTravel
Astri Sofyanti
04 Juni 2019   13:00 WIB

Komentar
7 Destinasi Wisata di Jambi yang Wajib Dikunjungi Saat Mudik Lebaran

Salah satu destinasi wisata Jambi, Bukit Khayangan (Istimewa)

Trubus.id -- Ketika mudik ke kampung halaman, selain tujuannya untuk merayakan Idul Fitri bersama keluarga besar juga sekaligus untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di kampung halamanmu bukan? Tradisi jalan-jalan ke sejumlah destinasi wisata di kampung halaman seolah menjadi jadwal wajib ketika mudik.

Siapa diantara kalian yang akan atau sudah berada di kampung halaman yakni Jambi? Di Jambi sendiri banyak destinasi wisata yang wajib dikunjungi karenat dengan wisata alam dan budayanya yang sungguh luar biasa.

Bahkan secara khusus, Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya merekomendasikan para pemudik berkunjung kesejumlah destinasi wisata di Jambi yang sayang kalau tidak disinggahi.

Mengutip Okezone, Senin (3/6/19), berikut tujuh destinasi wisata di jambi versi Pesona Mudik 2019 Kementerian Parwisata.

Candi Muaro Jambi

Candi Muaro Jambi menjadi komplek percandian Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara, yakni sekitar 3.981 hektare.  

Candi Muaro Jambi menjadi komplek percandian Hindu-Buddha terluas di Asia Tenggara, yakni sekitar 3.981 hektare. Kompleks tersebut dipercaya sebagai peninggalan Kerajaan Sriwijaya dan Kerajaan Melayu.

Secara geografis, posisinya di Maro Sebo, Muaro Jambi, Jambi, tepat di tepi Sungai Batanghari. Sejak 2009, kawasan ini diajukan ke Unesco sebagai Situs Warisan Dunia.

Selain bangunan candi, di area tersebut ditemukan juga kanal kuno buatan tangan manusia. Ada juga kolam tempat penampungan air, serta gundukan tanah dengan struktur bata kuno. Menariknya, di dalam kompleks itu banyak dijumpai arca, contohnya arca Prajnaparamita, Dwarapala, Gajahsimha, dan Umpak Batu. Peninggalan lainnya adalah berupa lesung batu, gong perunggu, keramik, tembikar, dan lainnya.

Bukit Khayangan

Bukit Khayangan merupakan rangkaian Bukit Barisan. Kawasan ini merupakan destinasi andalah Jambi. Lokasinya di Desa Renah Kayu Embun, Kota Sungai Penuh, Jambi. Destinasi itu berada pada ketinggian 2.000 mdpl. Panoramanya indah dengan view sungai berkelok dan suasana kota.

Saat berkabut, pemudik akan mendapatkan experience luar biasa. Sebab siapapun akan merasakan seperti sedang berada di atas awan. Memiliki ketinggian ideal, Bukit Khayangan sangat terkenal dengan pesona sunrisenya. Jadi, bagi para netizen, destinasi ini menjadi spot terbaik untuk memproduksi konten foto dan video.

Geopark Merangin

Geopark Merangin merupakan situs purbakala dengan koleksinya lengkap, seperti fosil daun, kayu, akar, dan hewan. Ada juga fosil berupa kerang-kerangan. Semua benda koleksi tersebut dipercaya sudah berumur sekitar 300 juta tahun. Pesona destinasi ini semakin kuat karena fosil yang ada di sini sangat lengkap, bahkan lebih lengkap dari koleksi situs di Tiongkok dan Amerika.

Silahkan berkunjung ke destinasi Geopark Merangin sebab ada aktivitas trekking di sana. Startnya biasanya dimulai dari Air Batu, Renah Pembarap, Merangin. Lalu aktivitas lainnya adalah menikmati arung jeram sepanjang hari.

Pedestrian Gentala Arasy

Pedestrian Gentala Arasy membentang di atas Sugai Batanghari. Jembatan tersebut diresmikan 2015. Ada banyak keunikan dari jembatan ini, salah satunya membentuk huruf S. Bentangannya mencapai 530 meter. Khusus bagi pejalan kaki, di setiap ujung jembatan dilengkapi anak tangga. Setelah menjadi ikon baru, Gentala Arasy banyak digunakan publik untuk berfoto.

Background Pedestrian Gentala Arasy memang eksotis. Apalagi saat malam, selain di tiang dan sisi jembatan, ada banyak kerlip lampu kota di sekitarnya. Bagi para netizen, Pedestrian Gentala Arasy jadi spot terbaik untuk diupload.

Puncak Lubuk Beringin

Lubuk Beringin populer sebagai destinasi agrowisata. Kawasan ini memiliki alam yang eksotis, nuansa alami, dan tetap terjaga dengan aliran Sungai Batang Buat. Airnya sangat jernih dan menyegarkan. Kawasan itu menjadi destinasi agrowisata yang mendunia. Lubuk Beringin menawarkan beragam aktivitas wisata alam. Ada hutan alam dan kawasan hutan karet.

Gunung Kerinci

Gunung Kerinci merupakan gunung tertinggi di Pulau Sumatera. Gunung Kerinci adalah gunung yang tertinggi di Pulau Sumatera. Posisinya menyatu dengan Bukit Barisan, dan puncaknya mencapai 3.805 mdpl. Saking tingginya, dari puncak Kerinci, siapapun bisa melihat Samudera Hindia dengan sangat jelas. Puncaknya tergolong unik karena memiliki kawah seluas 400x120 meter. Di dalam kawah terdapat air yang berwarna hijau.

Dengan alamnya yang eksotis, Gunung Kerinci menjadi destinasi pendakian terbaik di Pulau Andalas. Jalurnya bisa dimulai dari Bangko, Kota Sungaipenuh. Selain itu, Gunung Kerinci kaya akan flora dan fauna. Di sini bisa diujumpai juga Rafflesia Arnoldi dan Amorphophallus Titanium. Sementara untuk faunanya unik seperti tapir, kuskus, badak, juga gajah. Untuk primatanya seperti siamang dan gibbon.

Danau Kerinci

Danau Kerinci merupakan destinasi yang sangat eksotis. Luasannya mencapai 5.000 meter persegi dan posisinya 783 mdpl. Selain panoramanya, Danau Kerinci juga menawarkan banyak aktivitas. Pemudik bisa memancing, berenang, dan berkemah. Ada juga aktivitas kulineran khas Kerinci. Di Danau Kerinci juga banyak dijumpai burung belibis.

Destinasi ini juga memiliki cerita rakyat yang terus hidup. Dengan luasannya itu, Danau Kerinci pun dikisahkan didiami oleh seekor naga raksasa bernama Calungga. Naga ini punya adik seorang manusia bernama Calutat. Calungga awalnya seorang manusia, tapi berubah menjadi naga setelah memakan telur di hutan.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

Bukit Kuneer, Favorit Baru di Kota Malang

Destinasi   08 Nov 2019 - 16:20 WIB
Bagikan: