Libur Lebaran 2019, Danau Toba Siap Tampung Wisatawan

TrubusTravel
Astri Sofyanti
01 Juni 2019   12:00 WIB

Komentar
Libur Lebaran 2019, Danau Toba Siap Tampung Wisatawan

Pesona alam Danau Toba (Pixabay)

Trubus.id -- Sebagai salah satu destinasi populer di Indonesia, Danau Toba selalu ramai dikunjungi wisatawan sepanjang tahun. Untuk musim libur Lebaran 2019 ini, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) memastikan Danau Toba siap menampung wisatawan.

Untuk itu, Kemenpar melakukan koordinasi dengan seluruh Pemerintah Kabupatem (Pemkab) di sekitar Danau Toba untuk meningkatkan pelayanan kepada wisatawan.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Sub Bidang Pengembangan Destinasi Area I B, Andhy Marpaung. Dirinya mengungkapkan bahwa Kemenpar akan melakukan pengawasan selama lebaran.

“Tujuan pengawasan ini dilakukan untuk memastikan seluruh pelayanan pariwisata di Danau Toba berjalan baik,” kata Andhy di Medan, Sumatera Utara, mengutip okezone, Sabtu (1/6).

Baca Lainnya : Wisatawan Libur Lebaran di Bali Dihimbau Menjauhi Gunung Agung

Selain itu, Kemenpar berharap pemerintah daerah bisa memberikan pelayanan terbaiknya untuk wisatawan selama masa libur Lebaran 2019.

Lebih lanjut dikatakan Andhy, pelayanan terbaik itu meliputi keamanan dan kenyamanan. “Selama ini sudah berjalan dengan baik. Termasuk dari segi kesiapan akses dan angkutan pendukung. Semua harus dalam kondisi baik. Serta dari hasil monitor kita memang sudah dalam keadaan siap sedia,” ujarnya menjelaskan.

Untuk peningkatan pelayanan sendiri, Andhy mengatakan bahwa pihaknya mewajibkan seluruh destinasi dilengkapi pusat informasi dan pengawasan destinasi. Termasuk ketersediaan tim penanggulangan bencana dan tim reaksi cepat. Pemkab harus memberikan informasi berkembang selama libur lebaran kepada pihak kementerian.

“Tujuannya agar kita mudah melakukan koordinasi. Misalnya apabila ada bencana atau bahkan hanya gangguan lalulintas. Jadi Kemenpar dapat melakukan koordinasi dengan pihak terkait,” tambah Andhy.

Baca Lainnya : Libur Lebaran di Sumatera Barat Dipastikan Bebas Rabies

Selain itu, Kemenpar juga memastikan seluruh layanan dapat di gunakan wisatawan dengan baik. Khususnya untuk fasilitas danau seperti transportasi, layanan penyeberangan serta penggunaan objek pantai.

“Jadi semua transportasi danau wajib menggunakan alat keselamatan standar, serta harus mengikuti ketentuan pelayaran. Penjagaan pantai harus tertata dan memastikan keselamatan pengunjung. Ketersediaan tenaga medis juga harus siap. Wisatawan tidak ada khawatir,” tandasnya. [NN]

  1


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

7 Jenis Roti di India dan Mengapa Mereka Disebut Unik

Kuliner   19 Jan 2020 - 16:17 WIB
Bagikan: