Wisatawan Libur Lebaran di Bali Dihimbau Menjauhi Gunung Agung

TrubusTravel
Thomas Aquinus | Followers 2
01 Juni 2019   09:00

Komentar
Wisatawan Libur Lebaran di Bali Dihimbau Menjauhi Gunung Agung

Ilustrasi Gunung Agung, Bali (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengungkapkan, batas aman Gunung Agung di Karangasem Bali saat ini adalah dalam radius 4 kilometer. Wisatawan yang sedang libur lebaran maupun masyarakat setempat yang bermukim di sekitar Gunung Agung, dihimbau untuk tidak masuk ke dalam batas radius tersebut.

“Nah ini demi keselamatan wisatawan dalam dan luar negeri jangan memasuki batas radius itu. Mohon disampaikan agar tidak masuk naik ke puncak, karena kami sudah evaluasi sebulan terakhir aktivitas Gunung Agung,” ujar Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Hendra Gunawan dalam konferensi pers di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Jumat (31/5).

Dikatakannya, himbauan ini sangat penting karena masih banyak video-video beredar di media sosial menunjukkan turis-turis masih nekat naik ke Puncak. Pihaknya mengingatkan agar masyarakat dan wisatawan tidak masuk dalam batas tersebut. Sementara di luar batas itu, masyarakat dan turis masih boleh beraktivitas. “Selama satu bulan terakhir ini ada erupsi Gunung Agung untuk radius 4 kilometer. Di luar radius itu silakan beraktivitas,” katanya.

Baca Lainnya : Hujan Abu Akibat Erupsi Gunung Agung Belum Sampai Ganggu Aktivitas Penerbangan

Setelah beristirahat lebih dari 53 tahun, Gunung Agung di Bali kembali memasuki fase erupsi mulai 21 November 2017 hingga saat ini. Sementara itu, tingkat aktivitas Gunung Agung saat ini berada pada Level III (Siaga).

Data PVMBG mengungkapkan dari kemarin hingga pagi ini visual Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut. Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tipis tinggi sekitar 100 meter dari puncak.

Sebelumnya, Kamis (30/5) PVMBG mencatat tercatat 1 kali gempa hembusan, 3 kali gempa Vulkanik Dangkal, 2 kali gempa Vulkanik Dalam, 10 kali gempa Tektonik Jauh. Selain itu, PVMBG juga merekomendasikan masyarakat yang bermukim dan beraktivitas di sekitar aliran-aliran sungai yang berhulu di Gunung Agung agar mewaspadai potensi ancaman bahaya sekunder berupa aliran lahar hujan. [NN]

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          

Lima Wisata di Tarakan yang Sayang Dilewatkan

Hernawan Nugroho   Destinasi
Bagikan:          
Bagikan: