3 Tips Libur Lebaran Supaya Kamu Tidak Boros

TrubusTravel
Thomas Aquinus | Followers 2
26 Mei 2019   22:00

Komentar
3 Tips Libur Lebaran Supaya Kamu Tidak Boros

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Saat ini, liburan menjadi kebutuhan pokok masyarakat, bahkan bisa dikatakan sudah menjadi gaya hidup. Namun, supaya tidak pusing karena tagihan menumpuk, Trubus Mania wajib mengumpulkan modal liburan sejak jauh hari. Terlebih, hadirnya media sosial seperti Instagram, Facebook, semakin mendorong kamu untuk tampil eksis.
 
Mohammad Andoko, Financial Planner One Shilth menilai unggahan liburan kamu di media sosial dapat mendorong keinginan berlibur masyarakat. Mereka juga ingin mengunggah foto liburannya. “Media sosial bikin orang makin ngartis,” ujarnya beberapa waktu lalu.

Baca Lainnya : Yogyakarta Andalkan Destinasi Alam Sambut Wisatawan Libur Lebaran

Namun, khusus untuk orang-orang yang mempunyai jadwal pekerjaan padat. Tujuan mereka pergi berlibur adalah untuk menghilangkan stres. Namun, ada juga orang yang dibuat stres setelah pulang berlibur. Salah satunya akibat dari menumpuknya tagihan sepulang liburan menjadi beban. Hal tersebut karena mereka biasanya mengandalkan kartu kredit atau dana pinjaman untuk pergi berlibur.

Widya Yuliarti, Financial Planner Financialku.com menyampaikan, setiap orang harus menabung dulu sebelum pergi berlibur agar merasa tetap senang dan tenang setelah masa liburan usai.

Nah, berikut ini adalah berbagai tips merancang modal liburan, agar terbebas dari hutang:

1. Tentukan destinasi liburan
Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah tentukan destinasi yang dituju. Kamu harus menentukan durasi waktu berlibur. Misalnya,ingin berlibur ke Jepang selama satu minggu. Buatlah daftar kegiatan yang kamu lakukan selama berlibur. Oya, jangan lupa, kamu wajib menuliskan dengan detail seluruh aktivitas tersebut, seperti jenis transportasi dan tempat menginap. Setelah lakukan itu,  kamu bisa gunakan daftar tersebut untuk merancang anggaran liburan. Sehingga,kamu tahu total dana yang dibutuhkan.

Baca Lainnya : Wisatawan Lebaran di Malioboro Bakal Dihibur Atraksi Tradisional

2. Disiplin kumpulkan dana liburan
Kamu wajib mulai menyisihkan uang untuk merealisasikan liburan. Hal tersebut penting dilakukan agar tidak mengganggu cash flow. Kamu  bisa mengumpulkan dana liburan selama enam bulan atau setahun. Yang perlu diperhatikan adalah, kamu  harus disiplin untuk menabung. Namun, jika kamu termasuk orang yang susah menabung, tabungan auto debit bisa jadi solusi. 

3. Manfaatkan fasilitas kartu kredit
Cek kartu kredit kamu yang memberikan fasilitas travelling. Bila mempunyai beberapa kartu kredit, pilihlah salah satu yang paling menguntungkan. Contohnya, kamu dapat memilih kartu kredit yang memberikan potongan harga tiket transportasi. Atau, Anda dapat memilih kartu kredit yang memberikan diskon biaya penginapan. Cara ini ampuh menghemat budget liburan kamu. [NN]
 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: