Malang Kembangkan Ekowisata Edukasi Spesies Bambu

TrubusTravel
Thomas Aquinus | Followers 2
21 Mei 2019   10:00

Komentar
Malang Kembangkan Ekowisata Edukasi Spesies Bambu

Ekowisata Boonpring (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- BUMDes Kerto Raharjo, di Kabupaten Malang, Jawa Timur saat ini tengah mengembangkan Ekowisata Boonpring yang menjadi tempat wisata edukasi untuk spesies bambu yang ada di wilayah tersebut.

Direktur Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kerto Raharjo Samsul Arifin menyampaikan, pengembangan wisata edukasi tersebut dibidik karena memiliki potensi yang sangat besar, dalam mendukung kelangsungan ekowisata secara berkelanjutan.

"Pangsa pasar pendidikan itu tidak pernah putus, itu yang kami bidik. Saat ini, kami memiliki setidaknya 72 spesies bambu," kata Samsul seperti dikutip kantor berita Antaranews, Senin (20/5).

Baca Lainnya : Seru dan Unik, Malang Flower Carnival Tampilkan Kostum Bahan Daur Ulang

Masyarakat sekitar Desa Sanankerto, Kabupaten Malang, mengartikan Boonpring sebagai kebun bambu. Namun, kata-katan "boon" sendiri juga bisa diartikan sebagai anugerah, di mana Boonpring bisa diartikan sebagai anugerah dari bambu.

Samsul mengungkapkan, saat ini  ada 72 spesies bambu di Ekowisata Boonpring dan ditempatkan pada arboretum, atau kebun botani yang memiliki koleksi puluhan spesies bambu. Dalam taman botani tersebut, tumbuhan dikoleksi dan dipelihara serta diberikan keterangan secara mendetil.

Dalam pengembangan wisata edukasi tersebut,  Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kerto Raharjo juga menggandeng Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) untuk mengidentifikasi jenis-jenis bambu yang dimiliki.

"Kami sudah bekerja sama dengan LIPI, dan mendatangkan ahli bambu di Indonesia untuk melakukan identifikasi," ujar Samsul.

Baca Lainnya : Raja Ampat Punya Destinasi Khusus Wisatawan Pecinta Ular Endemik Papua

Rencananya, setelah identifikasienis bambu dilakukan, hasilnya akan dituangkan dalam sebuah buku yang bisa dijadikan bahan literasi bagi para mahasiswa.

Saat ini, proses pendataan jenis-jenis bambu sudah mencapai 70 persen. Diharapkan, dalam waktu dekat proses pendataan itu bisa segera rampung.

"Suatu saat nanti, kami juga akan membuat 'greenhouse' untuk pembibitan bambu, karena masing-masing bambu itu memiliki karakteristik tersendiri. Itu akan sangat bermanfaat untuk edukasi generasi muda," ujar Samsul.

Baca Lainnya : 5 Destinasi Wisata yang Asyik Dikunjungi Saat Ngabuburit

Ekowisata Boonpring sendiri merupakan salah satu destinasi unggulan wisata yang terletak di Kecamatan Turen, Kabupaten Malang. Pemberdayaan tanah kas desa tersebut mampu menjadi pemicu perputaran roda perekonomian bagi masyarakat sekitar.

Hal tersebut diketahui pada 2017 Ekowisata Boonpring itu mampu meraup omzet sebesar Rp994 juta, dan meningkat cukup signifikan pada 2018 mencapai Rp2,8 miliar. Dari omzet tersebut, telah menyumbang Pendapatan Asli Desa (PADes) mencapai Rp517 juta. [NN]
 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Fransiska Lie 21 Mei 2019 - 12:23

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: