Yuk, Berwisata Kuliner Ramah Lingkungan dengan 5 Cara Ini

TrubusTravel
Thomas Aquinus | Followers 2
16 Mei 2019   17:30

Komentar
Yuk, Berwisata Kuliner Ramah Lingkungan dengan 5 Cara Ini

Ilustrasi (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Destinasi wisata merupakan salah satu hal yang ditunggu-tunggu, terutama untuk kalian yang sedang merencanakan liburan setalah lebaran ini. Tak hanya itu, kuliner menjadi tempat yang sering dikunjungi para turis untuk memilihnya sebagai destinasi. Oleh sebab itu tak jarang bahwa beberapa dunia menonjolkan makanan sebagai peran utama dalam menarik perhatian.

Indonesia merupakan surganya makanan dan minuman lokal yang menarik untuk dicicipi dalam soal rasa hidangan. Sayangnya, masalah yang terjadi pada wisata kuliner selalu meninggalkan jejak sampah yang bisa dibilang tidak sedikit. Tak heran sampah tersebut biasanya berawal dari kemasan, sampai produk makanan itu sendiri.

Baca Lainnya : 5 Kuliner Khas Jepang ini Dijamin Enak dan Sehat

Nah, Trubus Mania kini tak perlu khawatir. Berikut ini beberapa cara yang dapat kalian lakukan saat berwisata kuliner ramah lingkungan. 

1. Lebih baik makan langsung daripada bungkus makanan
Ketika kalian ke sebuah tempat makan lebih baik untuk makan langsung ditempat tersebut. karena untuk mengurangi jumlah kemasan makanan seperti kotak karton, sterofoam, kertas bungkus, atau plastik. Tak hanya itu terkadang alat makan plastik menjadi tambahan ketika membungkus makanan. Jika kalian makan ditempat langsung, bukan hanya mengurangi jumlah kemasan saja, namun kalian juga menikmati suasana kehidupan yang ada ditempat makan tersebut. 

2. Membawa kotak makan sendiri
Untuk kalian yang ingin berwisata sebaiknya membawa tempat makan sendiri. Selain dapat mengurangi jumlah kemasan instan, kalian juga menjaga kebersihan pada makan tersebut. Gunakan kotak makan yang kedap uadara, tertutup, rapat, dan dengan bahan yang dapat dipanaskan langsung di microwave. Suapaya makanan tersebut dapat disimpan lebih lama. 

Baca Lainnya : 5 Kuliner Khas Kediri ini Enak Banget, Kamu Harus Coba  

3. Jangan menyisakan makanan yang disajikan
Terdapat limbah makanan yang menjadi penyumbang karbon terbesar ke tiga di dunia. Cara yang terbaik yaitu memesan makanan dengan porsi yang sesuai dengan kalian, jangan sampai berlebihan ataupun kekurangan. 

4. Memilih kuliner tradisional
Sebetulnya masyarakat Indonesia sudah memanfaatkan produk ramah lingkungan untuk barang dan makanan sejak dulu. Contohnya daun pisang, daun jati, dan besek dari anyaman bambu dan pandan. Tak hanya karena ramah lingkungan saja, tetapi kemasan organik akan membuat makanan tersebut memiliki aroma yang harum dan untuksoal rasa pastinya akan lebih mantap. 

5. Hindari menggunakan alat makan sekali buang
Biasanya alat makan yang penggunaanya sekali buang seperti sedotan, sumpit bambu, serta garpu plastik. Hindari, menggunakan peralatan makan tersebut, lebih baik membawa sendiri seperti sedotan stainless, sendok, garpu, dan sumpit alumunium. Jika lupa membawa alat makan sendiri, sebaiknya dapat minum langsung dari gelas tersebut, dan untuk makan bisa menggunakan cara tradisional dengan jari yang sudah bersih. 

So, Trubus Mania menarik bukan? kalian tetap bisa berwisata kuliner meskipun dengan ramah lingkungan. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: