Karimunjawa , Elok Alamnya dan Mantap Sensasi 5 Kulinernya

TrubusTravel
Rahmania Putri | Followers 0
13 Mei 2019   15:00

Komentar
Karimunjawa , Elok Alamnya dan Mantap Sensasi 5 Kulinernya

Lontong Krubyuk, kuliner khas Karimun Java (Foto : wisataku.id)

Trubus.id -- Tak hanya sekadar keindahan bawah lautnya, Karimunjawa juga memilki kuliner khas yang mampu menyedot jutaan wisatawan dalam negeri, namun juga mancanegara. Tiap kuliner di wilayah ini menyimpan ensasi khas yang tak ada di tempat lain.

Dijamin, kalian akan ketagihan menyantap kuliner ini, apalagi ditambah dengan pemandangan yang eksotis yang ada di sekitarnya. Ketika kamu liburan ke Karimunjawa kamu harus mencicipi kuliner khasnya, minimal 5 macam. Penasaran?

1. Lontong Krobyok atau Krubyuk 

Lontong Krobyok atau Krubyuk merupakan serapan dari Bahasa Jawa yang berarti berjalan atau melewati genangan air. Istilah tersebut digunakan untuk menggambarkan lontong yang disajikan dengan kuah bakso. Untuk rasanya dijamin membuat lidah kamu bergoyang. Ditambah dengan kuahnya yang lezat dan irisan ayam semur, daun seledri, juga tauge tentu akan membuat kalian ketagihan. 

2. Pindang Serani

(Foto:resepkoki.id)

Makanan yang berbahan dasar ikan dengan bumbu kuah khusus yang memberikan cita rasa khas. Pindang Serani merupaksn salah satu makanan khas Jepara, Jawa Tengah. Makanan ini juga menjadi salah satu makan yang sering dicari bagi wisatawan.

Pindang Serani ini memilki kuah berwarna kuning dengan potongan tomat, daun kemangi dan belimbing wuluh. Dengan perpaduan rasa asam dan manis serta gurih dari ikan pindang, kuliner ini tak pantas untuk dilewatkan.  

3. Bakso ikan ekor kuning

 (Foto: wisataku.id)

Ikan kuning adalah ikan yang menjadi favorit bagi para nelayan di Karimunjawa. Bahkan ikan ini dipakai sebagai bahan utama untuk membuat bakso. Untuk kalian yang ingin menikmati bakso seperti ini dapat berkunjung ke alun-alun Karimunjawa.

Untuk harga yang ditawarkan sendiri sangat bersahabat, kalian cukup mengeluarkan 10 ribu sudah dapat menikmati satu porsi bakso ini. Bakso ikan ekor kuning ini akan terasa lebih segar bila dinikmati ketika malam hari. 

4. Ikan bakar dengan bumbu serepeh 

Kuliner yang satu ini menggunakan bumbu khas Karimunjawa. Kamu tidak akan menemukan cita rasa bumbu ini di daerah lain. Makanan ini menyuguhkan cita rasa berbalut pedas dan gurih, dijamin kalian akan ketagihan 

5.  Tongseng cumi dengan kuah kari

(Foto: phinemo.com)

Karimunjawa memang terkenal dengan kuliner khas seafood. Salah satunya tongseng cumi kuah kari. Rasanya sangat unik karena kuah karinya memakai rempah-rempah yang ada di Karimun Java.  Tongseng cumi dengan kuah kari ini, menjadi andalan kuliner Karimunjawa. Kalian tak akan menyesal dengan menu kuliner yang satu ini.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan: