5 Kuliner Khas Jepang ini Dijamin Enak dan Sehat

TrubusTravel
Rahmania Putri | Followers 0
02 Mei 2019   14:01

Komentar
5 Kuliner Khas Jepang ini Dijamin Enak dan Sehat

Oyako-Don  (Foto : Seriouseats.com)

Trubus.id -- Pergantian kaisar Jepang terjadi pada 30 April lalu. Kaisar Akihito Khari resmi menyerahkan tahtanya kepada anaknya Naruhito. Peristiwa ini menjadi pembicaraan masyarakat di seluruh dunia. Penduduk Jepang sedang menantikan era yang akan menggantikan era "Hisei" menjadi era "Reiwa" yang mengutamakan harmoni. 

Jepang mempunyai alam yang indah. Selain itu budaya Jepang, terutama kulinernya juga telah populer di dunia. Beberapa kuliner yang telah populer itu diantaranya ramen, sushi, takoyaki, tonkatsu ataupun wagyu beef.

Namun ada beberapa kuliner Jepang yang tak kalah enaknya. Berikut beberapa kuliner Jepang yang wajib kalian coba!  

1. Oyako-Don 

Dalam bahasa Jepang "Oya" berarti orang tua yang dilambangkan dengan ayam, dan "Ko" yang artinya anak. Bahan utama makanan ini adalah telur. 

Kombinasi ayam dan telur yang lezat menjadi ciri utama Oyako-don. Biasanya irisan daun bawang ditambahkan ke dalam telur setengah matang untuk menambah aroma. Agar lebih nikmat, Oyako-don bisa dimakan dengan shichimi tougarashi (bubuk cabai yang dibuat dengan tujuh rempah-rempah berbeda). T

2. Ochazuke

(Foto: chopstickchronicles.com )

Chazuke adalah makanan Jepang yang terdiri dari nasi dengan taburan lauk yang disiram dengan teh hijau panas. Walaupun namanya memakai Ocha, namun sedikit yang menyiram dengan kaldu/dashi. 

Makanan ini sudah ada sejak zaman Heinan. Saat itu telah ada  yuzuke atau atau nasi yang disiram dengan air panas. Seiring dengan waktu, air tersebut berganti menjadi teh hijau atau kaldu. Kebanyakan orang Jepang memasak lauk sebagai topping, namun sekarang banyak orang lebih memilih kemasan instan yang dijual di supermaket.

3. Monjayaki

(Foto: fun-japan.jp)

Jika dilihat tampilannya,  monjayaki mirip dengan okonomiyaki. Hanya saja monjayaki memiliki bentuk yang lebih tipis dan lebih lembek. Makanan ini terkenal saat perang dunia kedua. Konon jajanan ini diciptakan karena kurangnya persediaan bahan makanan. Bahan dasar pada monjayaki yaitu sayur-sayuran, dan dapat ditambah dengan seafood, ayam, daging, atau bahan lainnya. 

4. Motsunabe

 (Foto:feelfukuoka.com)

Secara umum Nabe adalah salah satu makanan asli Jepang yang nyaris dilupakan masyarakat.  Makanan ini terdiri dari semur yang dibuat dari  daging sapi dan juga  jeroan berlemak.

 5. Nikujaga

(Foto: japan.recipetineats.com)

Walaupun makanan ini sering dihidangkan dengan nasi dan sup miso di rumah, Nikujaga sering dijadikan makanan ringan. Makanan ini terdiri dari kentang dan juga potongan daging semur dengan saus asam manis ala Jepang. Ketika kalian menyantap Nikujaga, taburan daun  bawang dan juga wortel rebusnya semakin menggugah selera.  

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: