BKSDA Riau Bakal Rancang Wisata Konservasi di Kawasan Bukit Rimbang

TrubusTravel
Astri Sofyanti | Followers 1
30 April 2019   11:30

Komentar
BKSDA Riau Bakal Rancang Wisata Konservasi di Kawasan Bukit Rimbang

Suaka Margasatwa Bukit Rimbang Baling (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berencana mengembangkan kawasan wisata konservasi di lokasi yang tak biasa, yakni di habitat harimau yang berada di kawasan Suaka Margasatwa (SM) Bukit Rimbang Baling. Tempat ini berlokasi di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Kepala BBKSDA Riau Suharyono kepada Antara di Pekanbaru, Selasa (30/4), mengungkapkan, nantinya kawasan tersebut akan menjadi pusat pembiakan rusa di Desa Aur Kuning. Dipilihnya Desa Aur Kuning karena merupakan satu dari 12 desa yang memiliki lanskap Bukit Rimbang Baling, jauh sebelum pemerintah menetapkan habitat harimau sumatera. Desa Aur Kuning yang memiliki luas 143 ribu hektare itu nantinya akan digunakan sebagai kawasan suaka margasatwa.

SM Bukit Rimbang Baling adalah satu dari delapan kawasan hutan konservasi di Riau yang potensial menjadi destinasi pariwisata berbasis sumber daya alam. Pengembangan wisata di suaka margasatwa itu sejalan dengan upaya Kementerian Lingkungan Hidup menggeser paradigma pemanfaatan hutan ke arah pariwisata.

"Intinya adalah prinsip penyelenggaraan pariwisata alam di kawasan konservasi. Konsep wisata menyesuaikan dengan bentang alam, bukan bentang alam dipaksa menyesuaikan konsep pariwisatanya," kata Suharyono di Pekanbaru, Riau.

Salah satu keindahan yang dimiliki desa ini yakni sungainya serta kawasan hutannya yang masih asri dan hijau. Diakui Suharyono, wisatawan yang ingin mengunjungi SM Bukit Rimbang Baling juga bisa mampir ke Desa Aur Kuning untuk membeli rusa dan melepaskannya ke hutan sebagai mangsa harimau.

“Jadi membeli rusa bukan untuk dikonsumsi wisatawan tapi untuk makanan harimau di hutan,” ujarnya.

Selain itu, BBKSDA Riau juga berencana menonjolkan ciri khas setiap desa di SM Rimbang Baling sebagai upaya mendukung pengembangan wisata konservasi di Riau.

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Monica Chandra 01 Mei 2019 - 13:15

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          

Lima Wisata di Tarakan yang Sayang Dilewatkan

Hernawan Nugroho   Destinasi
Bagikan:          
Bagikan: