Live in di Desa, Kini Makin Digemari Traveler dari Kota

TrubusTravel
Karmin Winarta | Followers 0
29 April 2019   11:05

Komentar
Live in di Desa, Kini Makin Digemari Traveler dari Kota

Sebuah desa, ilustrasi (Foto : Istimewa)

Para traveler kini semakin memilih destinasi wisata yang tak mainstream. Mereka lebih suka mengunjungi desa-desa wisata dan tinggal bersama ( live in) masyarakat lokal. Hal ini diungkap oleh pengamat pariwisata dari Universitas Jenderal Soedirman, Purwokerto, Chusmeru. 

Seperti dikutip Antara, ia  mengatakan pemerintah daerah (pemda) kini perlu mengembangkan paket wisata live in atau tinggal di pedesaan. Menurutnya, paket wisata ini memungkinkan traveler tinggal menginap di desa serta melakukan aktivitas seperti masyarakat lokal," katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Senin (29/4).

Desa yang identik dengan udara yang bersih, alamnya yang masih asri juga kehidupan orang-orang desa yang masih tulus, tampaknya menjadi salah satu daya tarik para traveler, selain tentu saja keelokan alam.

Alasan lainnya adalah kejenuhan para traveler pada objek wisata artifisial yang banyak terdapat di kota-kota besar. 

Chusmeru mengatakan, sebelumnya wisata live in dilakukan oleh para traveler yang memiliki anggaran terbatas atau backpacker, namun kini makin banyak peminat. Sehingga wisata live in ini dapat dikembangkan sebagai wisata alternatif.

Menurutnya pemerintah daerah (Pemda) perlu membuat paket-paket yang bisa dijangkau para pelajar, mahasiswa atau keluarga yang tinggal di kota. Dengan paket tersebut para pelajar bisa lebih mengenal kehidupan warga dan kehidupan sosial di pedesaan.

"Melalui paket tersebut, wisatawan juga dapat belajar seni budaya, seperti menari, melukis, atau mengamati organisasi sosial di desa, "tambahnya.

Namun ia mengingatkan, yang tidak kalah penting adalah SDM di desa yang harus perlu perhatian khusus. Mereka ini harus bisa  mengelola akomodasi serta menggali potensi sosial dan seni budaya sebagai atraksi wisata. 

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Cindy Tanaka 29 April 2019 - 14:05

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 silahkan kunjungi WWWoKELINCIPOKER99oME

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: