Nasi Padang, Hanya Salah Satu dari 3 Kuliner Wajib di Sumbar

TrubusTravel
Rahmania Putri | Followers 0
23 April 2019   14:42

Komentar
Nasi Padang, Hanya Salah Satu dari 3 Kuliner Wajib di Sumbar

Teh talua (Foto : Foto: jelajahsumbar.com)

Trubus.id -- Jika kalian pergi ke daerah Sumatera Barat, khususnya Kota Padang, maka kuliner yang wajib dicoba pastinya tidak lepas dari nasi padang. Namun, selain nasi padang, ternyata ada kuliner wajib lainnya yang Trubus Mania patut coba. Nah, berikut adalah kuliner khas selain nasi padang di Kota Gadang tersebut: 

1. Teh Talua 

Untuk kalian penyuka teh tarik, kalian dapat mencoba teh khas Padang yang satu ini. Dengan cita rasanya yang unik, teh talua bisa menghasilkan lima gradasi warna meskipun tidak menggunakan bahan-bahan lain selain teh, gula, telur, dan perasan jeruk nipis.. Biasanya gradasi tersebut disebut dengan limo enggak yang berarti lima warna. Warna pada teh tersebut muncul karena proses pembuatannya yang khas. 

Telur ayam kampung dikocok manual selama 15 menit sampai berubah warna, teksturya mengental, dan aroma amisnya menghilang. Ada yang mengatakan, jumlah kocokan telur harus 300 kali untuk mendapat hasil yang maksimal. 

Dengan campuran teh dan telur kocok tersebut dengan ditambah susu kental manis, membuat kalian pastinya ketagihan dengan cita rasa khas dari Teh Talua.

2. Soto Padang 

Soto Padang menjadi kuliner yang wajib kalian coba jika Trubus Mania berlibur di Padang. Berbeda dengan soto lain, Soto Padang memiliki kuah yang bening dan aroma rempah sebagai ciri khasnya. Meskipun bening, namun cita rasa Soto Padang jauh lebih pedas dari kebanyakan soto lain.  

Soto Padang terdiri dari potongan daging kotak-kotak kecil, irisan paru goreng, serta bihun sebagai pelengkap akhir.  

3. Ampiang Dadiah

Kuliner khas padang ini terbuat dari Ampiang dengan dadiah, sejenis yoghurt khas Minakabau. Makanan sekilas mirip bubur sumsum, namun cara pembuatannya sangat berbeda. 

Dadiah yang berasal dari susu kerbau segar dicampur dengan bumbu yang sudah dipotong-potong kecil ldan ditutup dengan daun pisang. Bahan-bahan ini lalu diproses dengan cara fermentasi selama 2 hari di dalam tabung bambu. 

Dadiah dipercaya berkhasiat untuk menurunkan kadar kolestrol, menambah stamina dan daya tahan tubuh.  Jadi, kuliner mana dulu yang akan kalian coba? [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: