Merasakan Sensasi Perang Air di Thailand Saat Festival Songkron Digelar

TrubusTravel
Rahmania Putri | Followers 2
15 April 2019   18:30

Komentar
Merasakan Sensasi Perang Air di Thailand Saat Festival Songkron Digelar

Kemeriahan festival Songkron di Thailand. (Foto : Bangkok.com)

Trubus.id -- Thailand memiliki beragam destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Tak hanya itu, negara yang dijuluki Negeri Gajah Putih ini juga memiliki festival tahunan yang sangat menarik para wisatawan. Songkran adalah salah satunya.

Festival ini sudah cukup dikenal oleh wisatawan mancanagera. Songkran rutin digelar pada awal tahun pada bulan musim panas. Dalam festival ini, ada tradisi dengan menyiramkan air di jalan raya sebagai daya tarik dari festival tersebut. Perayaan yang dilakukan masyarakat Thailand dan para wisatawan menjadikan festival ini ajang berlibur untuk kalian yang sedang mencari referensi. 

Festival yang diselenggarakan pada tanggal 13 - 15 April setiap tahunnya ini dimulai dengan upacara mencuci patung budha, memberi makan biksu, berdoa, melepaskan burung dan ikan, hingga menyirami air di jalan raya baik orang yang dikenal ataupun tidak semua saling siram menyiram. 

Pada dasarnya, masyarakat Thailand saling mencipratkan air dengan tujuan mendapatkan berkat dan keberuntungan dari Tuhan. Selain itu, festival ini juga bertujuan untuk membersikan diri dari keburukan yang menimpa. Untuk air yang digunakan biasanya air bekas ritual setelah membersikan patung budha. Namun, sanyangnya karena air bekas mencuci patung tersebut terlalu sedikit, jadi air tersebut dicampurkan dengan air biasa. 

Tradisi tersebut sekarang menjadi kebiasaan warga Thailand dan menyebar sampai negara lain, lalu dijadikan perang air setiap tahunnya. Tidak hanya mencipratkan air saja, dalam festival tersebut juga saling mengguyurkan tubuhnya sampai kuyup. Untuk wisatawan yang ingin ikut festival tersebut tak hanya dapat membawa ember saja, tapi harus memiliki pistol air agar festival songkran mejadi lebih seru.

Setelah festival songkron berlangsung, biasanya diakhir dengan pertunjukkan budaya seperti tari topeng Thailand, seni bela diri Muay Thai, pertunjukan wayang khas Thailand.

Festival songkran dilakukan dihampir wilayah Thailand, namun beberapa wilayah yang ramai dengan festival tersebut yaitu Bangkok, Chiang Mai, Phuket. Titik perang air yang ada di Bangkok seperti sepanjang Khao San Road, Praha Atith Road, Ratthanakosin Royal Square, Santichaiprakm, dan Wisut Krasat.

Sedangkan dititik Chiang Mai dapat berkeliling kota dan bergabung dengan masyarakat lokal. Jika di Chiang Mai sendiri sebelum perang air dimulai dilakukan mencuci patung Budha, Lalu menyiramkan bekas airnya ke orang yang lebih tua. setelah itu baru perang air dimulai. Untuk wilayah Phuket perang air dilakukan di daerah Patong, jadi untuk kalian yang melewati jalan tersebut harus siap-siap basah kuyup.

So, Trubus Travel menarik bukan festival sungkron yang ada di Thailand? Tunggu apalagi, datang dan rayakan festival sungkron tersebut. [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: