Melirik Lokasi Wisata Halal Terbaik Dunia yang Dimiliki Indonesia

TrubusTravel
Syahroni | Followers 2
14 April 2019   09:00

Komentar
Melirik Lokasi Wisata Halal Terbaik Dunia yang Dimiliki Indonesia

Pulau 1000 Masjid, Lombok, pernah meraih penghargaan sebagai lokasi wisata halal terbaik dunia. (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk muslim terbanyak di dunia sudah seharusnya menjadi wilayah yang memiliki banyak titik wisata halal. Hal itu juga diungkapkan saat debat Calon Presiden (Capres) putaran ke 5 yang digelar di Hotel Sultan, Sabtu (13/4) malam.

Dalam kesempatan itu, Capres nomor urut 01, Joko Widodo menyatakan Indonesia memiliki peluang besar untuk mewujudkan industri wisata halal bagi dunia. Menurutnya, sebagai negara yang memiliki penduduk Muslim terbesar di dunia, Indonesia memiliki peluang besar, terlebih saat ini Indonesia sudah dinobatkan sebagai negara dengan standar halal terbaik di dunia.

Namun patut diketahui, wisata halal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan wisata pada umumnya. Wisata halal merupakan konsep wisata yang memudahkan wisatawan Muslim untuk memenuhi kebutuhan berwisata mereka. Kebutuhan itu antara lain: adanya rumah makan bersertifikasi halal, tersedianya masjid/musholla di tempat umum, adanya fasilitas kolam renang terpisah antara pria dan wanita, dan lain-lain.

Harus diakui, wisata halal memang sebuah konsep pariwisata yang berpotensi untuk dikembangkan. Populasi Muslim dunia diprediksi akan mencapai 26,5% pada tahun 2030. Sedangkan jumlah pengeluaran wisatawan Muslim diprediksi akan mencapai 200 milyar dollar pada tahun 2020. 

Saat ini, hampir seluruh negara-negara di dunia mulai menjaring wisatawan Timur Tengah, seperti Malaysia, Singapura, Jepang, Korea, Thailand, dan lain-lain. Hal yang sama juga dilakukan Indonesia. 

Pada tahun 2015 silam, Indonesia meraih penghargaan dari The World Halal Travel Summit & Exhibition 2015 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Saat itu Lombok terpilih sebagai destinasi wisata halal terbaik dunia mengalahkan Malaysia, Abu Dhabi, Turki, Qatar, dan beberapa negara nominasi lainnya. 

Lombok keluar sebagai juara karena beberapa faktor seperti banyaknya atraksi wisata yang ditawarkan. Tak hanya itu, yang utama karena mayoritas penduduk Lombok adalah Muslim. Tak cukup sampai disitu, Lombok memiliki tempat ibadah (masjid) yang memadai, sehingga mendapat julukan sebagai Pulau Seribu Masjid

Tak hanya menyabet penghargaan sebagai destinasi wisata halal terbaik, namun Lombok juga meraih penghargaan sebagai destinasi bulan madu halal terbaik dunia. 

Hebatnya lagi, selain 2 penghargaan tadi, dalam ajang tersebut salah satu Hotel di Lombok yaitu Hotel Sofyan juga dinobatkan sebagai the Best Family Friendly Hotel.

Hotel tersebut berhasil mengalahkan Gloria Hotel Dubai dan Landmark Hotel Dubai. Dilansir dari CrescenRating, tempat ini terpilih sebagai pemenang karena beberapa kriteria seperti menyediakan makanan halal, menyediakan fasilitas beribadah (tempat ibadah dan alat sholat), menyediakan pelayanan selama Ramadhan, serta tingkat kegiatan non-halal di hotel rendah. [RN]

  1


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Monica Chandra 14 April 2019 - 12:18

permisi ya mau numpang promosi bo kelinci99 BBM : 2B1E7B84

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan: