Meski Terus Terjadi Gempa Guguran, Merapi Masih Jadi Magnet Wisatawan

TrubusTravel
Astri Sofyanti
10 April 2019   11:00 WIB

Komentar
Meski Terus Terjadi Gempa Guguran, Merapi Masih Jadi Magnet Wisatawan

Gunung Merapi (Istimewa)

Trubus.id -- Hingga saat ini, Gunung Merapi masih terus menunjukkan aktivitasnya. Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) mencatat, Gunung Merapi mengalami empat kali gempa guguran dalam kurun waktu enam jam terakhir. Pengamatan dilakukan BPPTKG dimulai pada pukul 00.00 WIB hingga Rabu (10/4) pukul 06.00 WIB.

BPPTKG mempertahankan status Gunung Merapi pada Level II atau (Waspada).

Dalam pernyataan resmi BPPTKG, Rabu (10/9), empat kali gempa guguran tersebut terjadi dengan amplitudo 2-9 mm dengan durasi 11-49 detik. Selain itu, satu kali hembusan gempa guguran terjadi dengan amplitudo 6 mm dan berlangsung selama 11 detik.

Sementara, hasil pemantauan visual menggunakan CCTV menunjuukan kawah Merapi bertekanan rendah dengan intensitas tipis sehinggi 20 meter dari atas puncak.

Meski BPPTKG tidak merekomendasikan adanya kegiatan pendakian, tapi wisata Gunug Merapi masih menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang dan melihat keindahan Gunung Merapi padahal aktivitas vulkanis terus terjadi. Tapi BPPTKG telah menginformasikan bahwa jarak aman untuk berwisata ke Gunung Merapi yakni tidak melebihi radius tiga kilometer dari puncak kawah Merapi.

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: