Restoran di LA Ini Tawarkan Daging Steak Berusia 1 Tahun, Berani Coba?

TrubusTravel
Astri Sofyanti | Followers 1
30 Jan 2019   21:00

Komentar
Restoran di LA Ini Tawarkan Daging Steak Berusia 1 Tahun, Berani Coba?

Daging yang diawetkan dengan teknik dry aging. (Foto : Debraga)

Trubus.id -- Salah satu restoran steak ternama di Los Angeles, California menawarkan menu steak yang tak biasa. Restoran steak bernama APL ini menawarkan daging steak yang telah diawetkan selama satu tahun lamanya.

Chef sekaligus pemilik restoran, Adam Perry Lang menerapkan teknik 'dry-aging' untuk menjaga daging tetap aman dikonsumsi meski telah diawetkan selama cukup lama. Lang mengklaim daging tersebut akan memiliki rasa yang unik.

"Apa yang saya ingin lakukan dengan restoran, khususnya dengan program penyimpanan kering (dry-age) adalah untuk menawarkan LA aneka ragam olahan daging sapi," ungkapnya sebagaimana dilansir dari Los Angeles Times.

Baca Lainnya : Impossible Burger, ‘Daging Palsu’ dari Tanaman Akan Dipasarkan Secara Massal

Lang menjeskan, dalam proses dry aging ini, daging akan disimpan dalam lemari pendingin selama 380 hari atau sekitar satu tahun. Selama masa penyimpanan, suhu daging harus diatur sedemikian rupa sehingga pembentukan enzim tetap terjadi secara alami dan proses biokimia tetap bisa berjalan.

Lang menilai cara ini bisa menghasilkan daging sapi yang lebih lembut dengan cita rasa yang unik. Bahkan Lang mendeskripsikan aroma daging yang sudah tersimpan seperti foie gras atau hati angsa yang kerap jadi bahan masakan Prancis.

Baca Lainnya : Burger Super Ekstrem, Disajikan dengan Daging Buaya, Tarantula dan Iguana

Sedangkan untuk cita rasa, dirinya mendeskripsikan rasa daging seperti jamur truffle. Meski diklaim mebih nikmat, Lang cukup berhati-hati ketika mendeskripsikan rasa karena ini bisa mendatangkan ekspektasi konsumen.

"Daging sapi bertransformasi dan berganti menjadi sesuatu yang berbeda yang saya sebut 'perpanjangan' umami. Ini hampir seperti anggur yang berubah jadi kismis. Sesuatu sudah terkonsentrasi, lebih padat, tetapi Anda bisa bilang rasanya tak seperti anggur,"ungkap Lang menambahkan.

Untuk menyantap steak berusia setahun ini, konsumen harus merogoh kocek sebesar US$150 atau sekitar Rp2,1 juta tiap porsinya. Berani Coba? [RN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: