Goa Barat, Keindahan 100 Air Terjun di Kebumen

TrubusTravel
Karmin Winarta | Followers 0
26 Jan 2019   07:00

Komentar
Goa Barat, Keindahan 100 Air Terjun di Kebumen

Goa Barat, Kebumen (Foto : Karmin Winarta / Trubus.id)

Trubus.id -- Salah satu destinasi wisata paling menantang di Kebumen adalah Goa Barat. Goa ini berlokasi di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kebumen, Jawa Tengah. Goa ini menjadi salah satu destinasi favorit para pecinta wisata petualangan. Sejak dibuka tahun 2012, goa ini telah menjadi tujuan wisata yang ramai.

Untuk mencapai Goa Barat ini, setiap pengunjung harus berjalan sekitar 500 meter dari tempat parkir. Goa ini memiliki panjang sekitar 2500 meter. Jika Trubus Mania ingin melakukan petualangan menyusuri goa, harus memakai peralatan lengkap mulai dari helm, sepatu, senter, dan pakaian khusus caving.

Goa Barat termasuk goa dalam kondisi gelap abadi, artinya di dalam goa tak ada sinar matahari yang bisa menembus kedalaman goa. Sehingga setiap pengunjung harus ekstra hati-hati ketika menyusurinya. Pastikan jika ingin berpetualang di dalam goa disertai pemandu yang berpengalaman.

Baca Lainnya: Kebumen Mengopi, Komunitas Ini Kembangkan Kopi Lokal Jadi Produk Unggulan

Di dalam goa ini terdapat air terjun setinggi 32 meter yang dinamai  “Superman’s Big Sister”. Nama ini diberikan oleh  tim gabungan Indonesia-Prancis yang telah melakukan ekspedisi ke goa ini pada tahun 1989. Selain “Superman’s Big Sister” terdapat banyak air terjun di dalam goa ini, karena itu Goa Barat dijuluki sebagai goa 100 air terjun.

Untuik bisa menyaksikan keindahan air terjun ajaib ini, setiap pengunjung harus menyusuri gelapnya lorong-long goa. Selain itu jalan untuk menuju kesana harus melalui medan yang berat, karena harus menyusuri jalur sungai di perut bumi. Selain itu karena stalagtit yang rendah, para petualang harus merunduk agar bisa melewati sampai ke tujuan.

Tim Trubus, beberapa waktu lalu mencoba berpetualang ke Goa Barat, namun karena air sungainya yang terlalu tinggi, akhirnya demi keselamatan ekspedisi ke air terjun ditunda. 

Namun kami masih bisa menyaksikan keelokan goa yang diperkirakan mencapai panjang 6 kilometer ini. Panorama di dalam goa cukup menakjubkan, stalagtit yang masih hidup berwarna putih bersih tampak menggantung di beberapa bagian goa. 

Baca Lainnya: Warga Kebumen Rayakan Maulid Nabi dengan Main Sepak Bola Durian

Namun di dalam goa juga terdapat banyak kelelawar yang kotorannya beraroma tidak sedap. Selain Goa Barat, Trubus Mania juga bisa menyusuri Goa Jatijajar, Goa Siwowo dan lainnya. Berminat?

 

 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: