Pantai Menganti, Keelokan Alam di Pantai Selatan Nan Instagenik

TrubusTravel
Karmin Winarta | Followers 0
22 Jan 2019   07:00

Komentar
Pantai Menganti, Keelokan Alam di Pantai Selatan Nan Instagenik

Pantai Menganti, Kebumen, Jawa Tengah (Foto : Karmin Winarta/ Trubus.id)

Trubus.id -- Kebumen dengan bahasa ngapaknya, dulu sering dipakai sebagai bahan lelucon. Kota yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa ini menyimpan keelokan alam yang tak ada duanya. Hanya saja potensi yang dimiliki kota ini belum terekspos secara luas. Belum banyak traveler yang menjadikan Kebumen sebagai destinasi wisata utama.

Padahal beberapa destinasi wisata yang ada di kota mendoan ini cukup banyak. Dan semuanya menantang, mulai dari wisata goa, pantai dan tebing karst yang sangat indah. Beberapa destinasi ini diantaranya Goa Barat, Goa Jatijajar, Goa Siwowo, Pantai Ayah, Sawangan Adventure dan lainnya.

Untuk destinasi pantai, Trubus Mania bisa mengunjungi Pantai Ayah atau Pantai Menganti yang berjarak kurang lebih 43 kilometer atau sekitar 75 menit memakai mobil pribadi. Jalanan untuk menuju ke Pantai Menganti melewati perbukitan yang naik turun serta meliuk-liuk. Namun jangan khawatir, sejauh mata memandang mata kita akan disuguhi pemandangan yang menghijau, perbukitan yang tertutup pepohonan. 

Tiap pengunjung diwajibkan membeli tiket seharga 12 ribu rupiah per orang untuk menikmati indahnya Pantai Menganti. Sebenarnya Pantai Menganti ini merupakan kawasan wisata yang terdiri dari beberapa spot yang semuanya indah. Beberapa spot di Pantai Menganti di antaranya adalah Watu Bolong, Dindind Bidadari, Karang Bata Bukit Siagtel, dan Jembatan Merah.

Misalnya Tebing Bidadari. Tebing yang menjulang di bibir pantai ini diyakini sebagai tempat tinggal bidadari. Uniknya pengunjung yang beruntung akan melihat pelangi. Menurut warga setempat, pelangi itu adalah selendang bidadari.

Pantai Manganti berpasir putih dengan ombak yang cukup tinggi. Berbeda dengan pantai utara yang ombaknya landai, Pantai Menganti tidak ramah untuk berenang. harus ekstra hati-hati. Karena ombaknya yang tinggi inilah Pantai Menganti tiap tahun mempunyai program lomba surfing tingkat nasional.

Masing-masing spot ini pemandangannya sangat menarik dan instagenik. Setiap pengunjung akan menyempatkan diri untuk berfoto dan bervideo untuk mengabadikan momen yang bisa jadi tak terulang ini.

Pantai ini juga sangat asyik untuk menunggu momen matahari tenggelam. Namun momen ini langka, karena sering terhalang mendung. Jika Trubus Mania lelah sehabis menyusuri keindahan pantai, saatnya menikmati air kelapa muda dan menu makan siang ikan bakar yang harganya standar.

Pantai Menganti berlokasi di Desa Karangduwur, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pantai ini dianggap sebagai pantai terbaik yang berada di Jawa Tengah. Pada hari raya jumlah pengunjung selalu ramai. Menurut salah satu pengelola Pantai Menganti, omzet pantai ini mencapai satu miliar rupiah saat lebaran kemarin.

Menganti artinya menanti. Menanti kunjungan Trubus Mania untuk menikmati keindahan yang tak ada di tempat lain. Namun pantai sepanjang 1,5 kilometer ini masih menyediakan toilet dan tempat sampah yang masih terbatas. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: