Kebun Binatang Kasang Kulim, Wisata Sambil Edukasi Satwa Untuk Anak-anak

TrubusTravel
Karmin Winarta | Followers 0
29 Des 2018   20:01

Komentar
Kebun Binatang Kasang Kulim, Wisata Sambil Edukasi Satwa Untuk Anak-anak

Kebun binatang (Foto : M syukur)

Trubus.id --Kebun Binatang Kasang Kulim ramai dikunjungi masyarakat, baik dari Kota Pekanbaru ataupun daerah lainnya, untuk mengisi libur Natal dan pergantian tahun baru. Berada di Jalan Kubang Raya, Kabupaten Kampar, lokasi ini juga cocok menjadi wadah mengenalkan anak-anak dengan satwa dilindungi.

Tak perlu perlu merogoh kocek dalam-dalam untuk memasuki kebun binatang di bawah naungan Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau ini. Untuk dewasa hanya Rp 25 ribu per orang, dan Rp 20 ribu untuk anak-anak di atas 1 meter.

"Kalau tinggi anak belum sampai 1 meter, maka tidak dipungut biaya," ucap petugas karcis di gerbang masuk Kebun Binatang Kasang Kulim. Tak hanya melihat sejumlah satwa dilindungi sepeti buaya, orang utan, macan dahan, gajah, ragam primata serta berbagai jenis burung elang, lokasi ini juga cocok untuk swafoto.

Sejumlah titik sudah dipoles dengan payung warna-warni untuk foto keluarga ataupun sendiri. Di lokasi yang cukup luas ini, pengunjung juga bisa menaiki kuda serta gajah jinak. Ada juga odong-odong yang disediakan pengelola untuk berkeliling melihat satwa, jika pengunjung enggan berjalan kaki.

"Untuk naik gajah tidak mahal, hanya Rp 10 ribu per orang. Lumayan buat menghibur anak-anak karena selama ini hanya melihat di TV, sekarang bisa pula menaikinya," ucap seorang pengunjung, Putri Andela, Sabtu (29/12/2018).

Ande, begitu sapaan akrabnya, sengaja mengajak anaknya yang masih berumur 4 tahun untuk melihat satwa. Dia juga mengenalkan kepada anaknya nama-nama satwa yang selama ini hanya dilihatnya dari buku gambar atau televisi.

"Dari rumah anak saya ingin melihat harimau, tapi di sini tidak ada. Penggantinya macan dahan. Di sini anak saya senang melihat buaya, kuda Nil dan rusa," sebut Ande. Di kebun binatang ini, pengunjung anak-anak bisa menikmati berbagai wahana permainan dan menangkap ikan. Ada juga wahana istana plastik berisi angin yang bisa digunakan untuk lompat-lompat.

"Ada juga lokasi untuk melukis bagi anak-anak, jadi tak hanya melihat satwa, bermain juga lumayan lengkap," sebut Ande. Bagi masyarakat, khususnya Kota Pekanbaru dan Riau, yang tertarik berkunjung ke sini sebaiknya membawa bekal makanan dari luar.

Lebih baik lagi membawa tikar untuk digelar di beberapa lapangan untuk makan bersama. "Soalnya di sini tak ada menjual makanan berat. Hanya mie saja dan makanan ringan lainnya, jadi nasi dibawa dari rumah," sebut Ande.

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: