8 Tips Cegah Koper Hilang Saat Liburan

TrubusTravel
Thomas Aquinus | Followers 2
12 Des 2018   15:00

Komentar
8 Tips Cegah Koper Hilang Saat Liburan

Ilustrasi ciri khas koper (Foto : Lonely Planet)

Trubus.id -- Waktunya siap-siap untuk liburan akhir tahun! Yeay! Bagaimanapun, pastikan persiapan dilakukan dengan matang, ya! Karena kadang kesialan tak bisa dipastikan kapan datangnya. Salah satu masalah yang paling sering terjadi saat liburan adalah adalah koper hilang, tersasar ataupun dibobol. Kasus koper hilang bahkan dialami oleh ratusan penumpang setiap harinya di seluruh dunia, loh.

Berikut tips agar koper kamu tak hilang saat liburan. 

Berikan ciri khusus di koper 

Sebelum packing, pastikan kamu memilih koper dengan ciri khusus, mulai dari motif koper atau berikan aksesori atau stiker dengan warna yang mencolok. Hal ini bisa membantu meminimalkan kemungkinan koper diambil orang lain.

Lepas label tag dari penerbangan sebelumnya

Ini sangat penting supaya koper tidak tersasar ke tempat tujuan lain. Saat packing, cek terlebih dahulu apakah di koper masih ada label tag dari penerbangan maskapai sebelumnya. Kalau ada, pastikan untuk melepasnya terlebih dahulu.

Cara ini berguna agar tidak membuat petugas di check in counter menjadi bingung dan salah memasukkan tempat tujuan saat itu. 

Jangan simpan barang berharga 

Selain kasus koper hilang, kasus pembobolan koper juga sering terjadi. Sebaiknya letakkan barang berharga di tas yang memang kamu bawa setiap saat dan letakkan di kabin dekat dengan kursi. 

Luggage tag 

Isi luggage tag atau label koper dengan informasi nama, alamat, dan nomor telepon. Jika koper tertinggal, petugas dapat langsung menghubungi data pemilik sesuai dengan luggage tag tersebut. Sederhana tapi sering terlupakan, bukan? 

Dokumentasikan koper 

Setelah selesai packing, foto isi koper dan bagian luar koper. Dengan begini, jika koper kamu hilang, tersasar, atau dibobol, kamu memiliki  referensi untuk ditunjukkan kepada petugas bandara atau pihak maskapai. Cara ini tentu dapat mempercepat proses pencarian.

Check in tepat waktu 

Pastikan datang tepat waktu, agar proses check in tidak terburu-buru. Idealnya check in dilakukan dua jam sebelum waktu keberangkatan. Berikan waktu yang cukup untuk petugas mengurus barang bawaan kamu dan cek kembali apakah label yang ditempelkan petugas sudah benar tujuannya. 

Asuransi bagasi 

Supaya koper tidak hilang saat liburan, jangan ragu untuk memanfaatkan jasa asuransi bagasi yang dapat menjamin keamanan koper dan isinya. Walaupun sebenarnya bukan menjamin dapat memberikan keamanan dari kondisi bagasi hilang, namun setidaknya dapat meminimalkan kerugian dan kehilangan koper seutuhnya.

Pilih maskapai tepercaya 

Sebelum membeli tiket pesawat, pastikan kamu memilih maskapai yang memang memiliki track record dan review yang baik dari penumpang. Mulai dari fasilitas di dalam pesawat hingga keamanan barang bawaan penumpang. [NN]

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          

3 Tips Libur Lebaran Supaya Kamu Tidak Boros

Thomas Aquinus   Bacpacker
Bagikan: