Kreatif, Petani Sukoharjo Ubah Lahan Kosong Jadi Taman Bunga Instagenik

TrubusTravel
Karmin Winarta | Followers 0
01 Des 2018   07:00

Komentar
Kreatif, Petani Sukoharjo Ubah Lahan Kosong Jadi Taman Bunga Instagenik

Taman Bunga Anora, Sukoharjo (Foto : ANTARA FOTO/)

Trubus.id -- Sukoharjo, Jawa Tengah selain dikenal sebagai salah satu lumbung padi Indonesia, kota juga mempunyai destinasi wisata yang menarik. Selain Curug Krajan, Gunung Sepikul, Waduk Mulur, Dam Colo, sekarang Trubus Mania juga bisa menikmati taman yang diciptakan oleh petani setempat.

Nama destinasi terbaru itu adalah Taman Bunga Anora. Taman ini berada di Desa Mandan, Kabupaten Sukoharjo. Uniknya Taman bunga ini diciptakan oleh seorang petani kreatif yang bernama Suratman (39)

Sebenarnya dia adalah petani buah. Namun saat melihat lahan kosong yang terbengkelai, ide kreatifnya muncul. Lahan kosong seluas seribu meter persegi itu ia sewa. Lalu pelan-pelan ia menciptakan dekorasi yang menarik dengan tanaman bunga yang dipilihnya.

Baca Lainnya: Embung Kledung, Wisata Alam Apik Temanggung di Lereng Gunung Sindoro

Beberapa bunga yang ia tanam diantaranya bunga matahari, bunga kertas, bunga pacar dan lainnya.  Setelah bunga-bunga itu bermekaran, banyak warga yang tertarik berkunjung. Untuk menciptakan taman bunga ini Suratman mengeluarkan uang sebanyak 41 juta rupiah, belum sewa lahan per tahunnya.

Taman Bunga Anora resmi terbuka untuk umum pada 1 Agustus 2018 lalu. Warga yang mengunjungi taman ini tak hanya berasal dari Sukoharjo, namun juga dari wilayah tetangganya seperti Nguter, Solo dan Klaten.

Menurut Suratman, setiap hari rata-rata pengunjung yang datang ke tamannya sekitar 200 orang. Pada hari libut atau akhir pekan, jumlah pengunjung bisa berliapat mencapai seribu orang.

Baca Lainnya: Libur Lebaran, Nikmati Keelokan Goa Lawa di Purbalingga

Karena itu, Suratman berkolaborasi dengan generasi setempat untuk mengelola destinasi wisata yang makin populer ini.

Di Taman Bunga Anora, setiap pengunjung bisa melakukan selfie dengan background bunga warna warni yang instagenik. Selain itu setiap pengunjung taman ini juga bisa menikmati udara sejuk yang masih alami, bebas polusi.

Jika Trubus Mania berkunjung ke sini, kamu juga bisa membeli bibit tanaman bunga yang di sediakan pengelola. Asyik kan?

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: