Agrowisata Jeruk, Destinasi Kekinian di Garut

TrubusTravel
Karmin Winarta
27 Nov 2018   15:30 WIB

Komentar
Agrowisata Jeruk, Destinasi Kekinian di Garut

Agrowisata jeruk (Istimewa)

Trubus.id -- Garut, Jawa Barat selama ini dikenal dengan dodol dan destinasi wisata alamnya. Beberapa diantaranya adalah Telaga Bodas, Kebun Mawar Situhapa, Leuwi Korsi, Pantai rancabuaya dan lainnya. Saat ini, bertambah satu lagi destinasi yang lebih kekinian, yakni Agrowisata Jeruk.

Destinasi wisata ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pertanian (Kementan) bersama pemerintah daerah (pemda) Garut. Tujuannya  untuk meningkatkan nilai tambah dan mensejahterakan masyarakat pedesaan khususnya petani. Saat ini pemda Garut memang sedang gencar mengembangkan pariwisata terintegrasi dengan pertanian (agrowisata).

“Ini adalah salah satu terobosan agar pengembangan pertanian berdampak langsung atau transaksi ekonomi dari kegiatan pariwisata kepada petani atau masyarakat desa,” demikian dikatakan Direktur Jenderal Hortikultura, Suwandi, Senin (26/11).

Baca Lainnya: Jabar Kini Punya 147 Pantai Baru untuk Tujuan Wisata

Destinasi wisata yang berada di di Kampung Garogol Desa Padaasih, Kecamatan Pasirwangi ini adalah potensi unggulan utama dalam mengembangkan agrowisata di Garut. karena daerah ini memiliki komoditas tanaman jeruk, khususnya jeruk Siam. Seluruh penduduk desa menjadikan jeruk sebagai sumber ekonomi. 

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Garut, Suhartono mengungkapkan, Pemda Garut telah memfasilitasi pembangunan Gazebo sebanyak 3 unit dan telah dbangun pagar-pagar dari bambu serta telah dibuat kontur lahan berundak untuk mempermudah pengunjung datang ke lokasi agrowisata ini,” ujarnya.

“Pada lahan ini terdapat kurang lebih 1.500 hektar tanaman jeruk jenis Siem dan Keprok yang telah berumur lebih dari 10 tahun,” pintanya.

Di lokasi lain rencananya juga akan dijadikan agrowisata jeruk seperti Wahana Kampung Jeruk di Kecamatan Pasirwangi. Sehingga ke depan Garut akan semakin terkenal dengan agrowisata berbasis tanaman hortikultura lainnya selain jeruk.

  

  0


500 Karakter

Artikel Terkait

Bagikan:          

Kebun Teh Gunung Dempo yang Menyejukkan Mata

Destinasi   13 Des 2019 - 11:05 WIB
Bagikan:          

Menyusuri Danau Tertinggi di Asia Tenggara, Gunung Tujuh

Destinasi   06 Des 2019 - 17:13 WIB
Bagikan: