Menikmati Hijaunya Sungai Subayang di Kampar Kiri Hulu Nan Menawan

TrubusTravel
M Syukur | Followers 2
27 Nov 2018   07:00

Komentar
Menikmati Hijaunya Sungai Subayang di Kampar Kiri Hulu Nan Menawan

Keindahan Sungai Subayang yang masih alami. (Foto : Trubus.id/ M Syukur)

Trubus.id -- Menemukan sungai besar yang membuat mata bisa menembus dasarnya hampir dibilang sudah sangat langka di Riau. Penambangan, mengkonversi menjadi kebun sawit serta pembalakan liar secara besar-besaran diduga menjadi faktor utama rusaknya sungai-sungai besar di Riau.

Namun di Bumi Lancang Kuning ini, rupanya ada satu sungai besar yang kondisinya masih alami. Arusnya hijau sebagai pengaruh hutan lebat di segala sisi bisa menyejukkan mata. Subayang namanya. Sungai ini terletak di Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau.

Sungai ini membelah 200 hektar kawasan suaka margasatwa Rimbang Baling. Ada belasan desa di bantarannya, di mana beberapa di antaranya merupakan desa adat karena masih melestarikan tradisi turun temurun untuk menghormati sungai serta daratan yang masih dihuni Harimau Sumatera serta satwa dilindungi lainnya.

Tak peduli terik, mengarungi sungai yang terbilang dangkal ini seolah membuat kulit terlindungi kesejukan arusnya. Di tambah lagi deretan bukit berhutan lebat yang masih termasuk gugusan Bukit Barisan nan memanjakan mata.

Perahu Satu-satunya Transportasi di Hulu

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: