Anggur Berusia 2000 Tahun Ditemukan di China, Penasaran Rasanya?

TrubusTravel
Karmin Winarta | Followers 0
12 Nov 2018   09:35

Komentar
Anggur Berusia 2000 Tahun Ditemukan di China, Penasaran Rasanya?

Anggur beras berusia 2000 tahun (Foto : Istimewa)

Trubus.id -- Para ilmuwan di China baru-baru ini menemukan wine yang diperkirakan telah berusia 2000 tahun.  Xinhua menulis, para arkeolog tersebut menemukan minuman itu di dalam sebuah pot tanah liat dan perunggu. Barang-barang itu ditemukan setelah para arkeolog menggali situs makam seluas 210 meter persegi.

Makam tersebut adalah makam Western Dinasti Han (202 SM hingga 8 M). Minggu lalu, para arkeolog di Provinsi Henan, Cina Tengah menuangkan temuan yang berupa cairan dari panci perunggu  ke gelas ukur yang telah disediakan. Cairan  tersebut mengeluarkan aroma anggur yang khas.

Baca Lainnya: Jangan Buang Barang Kuno, Mungkin Artefak Sejarah Senilai Rp 8 M

"Ada 3,5 liter cairan yang berwarna kuning transparan. Baunya seperti anggur," kata Shi Jiazhen, kepala Institute of Cultural Relics and Archaeology di kota Luoyang.

Dia mengatakan cairan yang ditemukan ini perlu dilakukan penelitian laboratorium lebih lanjut sehingga tim dapat  memastikan bahan-bahannya secara akurat.

Mereka akan melakukan penelitian laboratorium pada barang-barang yang ditemukan di ruang makam utama.

Baca Lainnya: Hujan Deras Ungkap 75 Artefak Kuno di Irak

Anggur atau wine yang setua ini sebelumnya ditemukan di makam-makam lain yang berasal dari periode Dinasti Han.  Minuman keras yang terbuat dari beras atau gandum sorgum menjadi bagian utama dari upacara dan pengorbanan ritual di Tiongkok kuno. 

Shi mengatakan pot perunggu berisi cairan ini hanyalah salah satu dari dua benda perunggu besar yang digali dari makam. Benda-benda lainnya adalah lampu berbentuk angsa liar, yang di kota Luoyang, ibukota dari 13 dinasti. 

  0


Anda belum login, masuk atau mendaftar disini


Artikel Terkait

Bagikan:          
Bagikan:          
Bagikan: